Pemko Tebing Tinggi Akan Adakan Kegiatan Merdeka Belanja Dan Merdeka Bersantap

22 Juni 2021

 


Tebingtinggi | Indonesia Berkibar News - Pemko Tebing Tinggi akan mengadakan kegiatan Merdeka Belanja dan Merdeka Bersantap pada HUT Kota Tebing Tinggi Ke-104 dan HUT RI-76.

Kegiatan yang akan direncanakan pada tanggal 1 sampai 8 Juli 2021 dan pada tanggal 13 sampai 20 Agustus 2021 tersebut dilakukan guna untuk mendorong perekonomian Kota Tebing Tinggi sekaligus merayakan HUT Kota Tebing Tinggi ke-104 dan HUT RI Ke-76

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. saat menghadiri Rapat Pleno Semester I Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Tebing Tinggi dan Rapat Rencana Kegiatan Merdeka Belanja, Merdeka Bersantap Dalam Rangka HUT Kota Tebing Tinggi ke-104 dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-76 Tahun 2021, di Ruang Mawar Balai Kota, Selasa (22/06/2021).

"Pemko akan melakukan promosi untuk mendongkrak ekonomi melalui kegiatan Merdeka Belanja, Merdeka Bersantap pada bulan Juli dan Agustus. Kepada perbankan, kami harap melalui portalnya, untuk menyampaikan kegiatan ini. Kepada pihak restoran dan rumah makan kiranya berpartisipasi menggairahkan kegiatan ini, tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," ucap Umar.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa Kota Tebing Tinggi berkomitmen terus-menerus untuk peningkatan ekonomi dengan menggunakan sistem digital, baik dalam transaksi pembiayaan maupun pendapatan.

"Pertama kami sampaikan, tidak ada lagi sistem pembiayaan tunai tapi dengan sistem digital. Kedua kami sampaikan sistem pendapatan kita juga sudah menggunakan sistem digitalisasi dengan dibantu pihak bank Sumut, ada 15 tapping box sudah dipasang untuk mengakses keuangan daerah." Ujar Wali Kota. 

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Zahidin, S.Pd, M.Pd menyampaikan maksud dan tujuan TPAKD antara lain mendorong ketersediaan akses keuangan masyarakat, membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah, mendorong LJK untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah, menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, optimalisasi potensi sumber dana di daerah untuk pengembangan UMKM, usaha pemula (start up business) dan sektor prioritas lainnya.

Rancangan program TKPAD tahun 2021 Kota Tebing Tinggi adalah UMKM Go Digital, UMKM Naik Kelas, One Village One Agent, Satu Rekening Satu Pelajar, Penguatan Kapasitas dan Kinerja TPAKD.

Wali Kota berpesan agar setiap elemen bersatu padu menyatukan persepsi untuk meningkatkan ekonomi Kota Tebing Tinggi serta turut serta memeriahkan ulang tahun Kota Tebing Tinggi ke-104 dan kemerdekaan RI ke-76.

Hadir Sekdako Muhammad Dimiyathi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sumut  Ir. Arief Sudarto Trinugroho, para Kepala OPD terkait dan Camat, Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara Noor Hafid, perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota serta perwakilan Pimpinan Perbankan dari Bank Indonesia (BI), Mandiri, BNI, BRI, Bank Sumut dan BSI.(torong)