BI Perwakilan Sumut Bersama Pemprovsu Umumkan Pemenang NSI-BPC 2021

26 Agustus 2021


Medan | Indonesia Berkibar News -
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara melalui Forum North Sumatra Invest (NSI) melaksanakan kegiatan pengumuman pemenang NSI-BPC 2021, Kamis (26/08/2021).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Sumut dalam penguatan sektor investasi melalui penggalian dan penyusunan dokumen studi pendahuluan proyek investasi Daerah.

Kegiatan NSI-BPC tahun ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan turut menggandeng Pemerintah Provinsi melalui BAPPEDA Sumatera Utara dan DPMPPTSP Sumatera Utara.

Pengumuman NSI-BPC 2021 ini telah melewati serangkaian acara yang dimulai dari kegiatan Kick Off pada 4 Mei 2021, Capacity Building pada 19 sampai 21 Mei 2021, Coaching Clinic oleh dewan juri pada 16 Juli 2021, tahap seleksi lima besar dan presentasi pada 13 Agustus 2021, hingga hari pengumuman penetapan peringkat juara satu sampai dengan juara lima. 

Pengumuman tersebut dilaksanakan secara virtual yang turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho menyampaikan apresiasinya kepada lima besar Kabupaten/ Kota terpilih, yakni Kota Binjai, Kabupaten Karo, Kabupaten Labuhanbatu, Kota Medan, dan Kota Pematangsiantar. Kelima Kabupaten/Kota tersebut patut berbangga karena telah masuk ke dalam lima besar.

" Kabupaten/Kota dengan dokumen studi pendahuluan proyek investasi terbaik dan diharapkan dapat menjadi role model bagi Kabupaten/Kota lainnya dalam mempersiapkan proyek investasi yang siap ditawarkan, sehingga Kabupaten/Kota lainnya di Sumut dapat berpartisipasi aktif kembali dan menjadi pemenang di kegiatan selanjutnya," papar Arief Sudarto Trinugroho.

Pengumuman pemenang NSI-BPC 2021 tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo dengan menetapkan Kabupaten Labuhanbatu keluar sebagai juara pertama, Kota Medan sebagai juara kedua, Kota Binjai sebagai juara ketiga, Kota Pematangsiantar sebagai juara keempat, dan Kabupaten Karo juara kelima.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan kolaborasi yang telah terbangun selama ini dengan Pemerintah Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara.

"Melalui kegiatan NSI-BPC 2021 dapat mendorong keseriusan Provinsi Sumut dalam meningkatkan realisasi investasi Daerah yang mana sektor investasi merupakan salah satu urgent indicator dalam menggerakkan perekonomian di Sumatera Utara," papar Soekowardojo.

Selanjutnya dengan sumber daya yang melimpah, kemudahan akses bahan baku, dan struktur demografis yang didominasi oleh usia produktif, sehingga harapannya sektor investasi di Sumatera Utara dapat terus dikembangkan guna mencapai pemulihan ekonomi yang optimal, harap Soekowardojo.(torong)