Komunitas SATU HATI bersama MPW PP Sumut Gelar Penyemprotan Eco Enzym

30 Agustus 2021

MEDAN - Komunitas SATU HATI bersama dengan MPW PP Sumut, Palang Merah Indonesia Sumut, Komunitas Eco Enzym Medan dan PT Pasifik Limbah Industri, kembali melaksanakan aksi penyemprotan massal eco enzym di Kota Medan, Sabtu (28/8/2021) malam.

Kegiatan ini dilepas langsung oleh Ketua Dewan Pembina Komunitas SATU HATI, sekaligus Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumatera Utara, Kodrat Shah di Komplek Cemara Asri.


Kodrat berharap kegiatan penyemprotan ini mampu menekan penyebaran virus Covid-19, agar pandemi segera berakhir 

"Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Dan kita harus mendukungnya. Dampak pandemi ini sungguh luar biasa. Mari bersama-sama menunjukkan kepedulian kita," kata Kodrat.



Sementara itu, Ketua Umum Satu Hati Sartjipto King, mengatakan, kegiatan penyemprotan eco enzym yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-18, kali kedua dilakukan pada bulan Agustus ini.

"Pada minggu sebelumnya, penyemprotan juga sudah kita lakukan di kawasan Medan Utara, bersama Wartawan DPRD Medan, Komunitas Eco Enzym Medan dan rekan-rekan lainnya," ungkapnya.



Aking, sapaan akrab Sartjipto King, mengatakan, untuk penyemprotan kali ini dilaksanakan di lima Kecamatan di Kota Medan, yakni Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Selayang, Medan Sunggal dan Medan Helvetia, dengan mengerahkan tujuh mobil penyemprotan.

"Kita akan berupaya melaksanakan penyemprotan ini, untuk mengantisipasi, menekan dan memutus rantai penyebaran Covid-19, agar pandemi segera berakhir, demi kebaikan kita semua," terang Aking.






Kepala Markas PMI Sumatera Utara, Ade Yudiansyah, mengatakan, sebagai dukungan terhadap kegiatan penyemprotan eco enzym ini, pihaknya mengerahkan 4 armada penyemprotan dan salah satunya mobil water cannon yang berdaya tampung 5000 liter eco enzym.



"PMI Sumut siap bekerjasama dan komit mendukung upaya-upaya dari elemen masyarakat dalam mendukung upaya pemerintah membasmi penyebaran Virus Covid-19," kata Ade di Kantor PMI Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

Sementara itu, Meifan, dari Komunitas Eco Enzym Medan, mengatakan, pihaknya juga mendukung upaya penyemprotan dengan menggunakan eco enzym.



"Selain efektif membasmi virus, eco enzym juga ramah lingkungan. Dan sangat aman bagi manusia," terangnya. 

General Manager PT Pasifik Limbah Industri (PT PLI), Angga Siagian didampingi Operational Direktur, Saiyanto, mengatakan PT PLI mendukung sepenuhnya kegiatan penyemprotan exo enzym yang dilakukan Komunitas SATU HATI bersama MPW PP Sumut, Wartawan DPRD Medan dan Komunitas Eco Enzym.


"Kita apresiasi sebesar-besarnya kegiatan ini. Kita ikut merasa terpanggil membantu kegiatan ini, karena apa yang dilakukan Komunitas SATU HATI sangat positif," ujar Angga.

Kegiatan penyemprotan yang dilaksanakan sejak pukul 20.00 Wib malam hari itu hingga pukul 02.00 dini hari itu, berjalan sukses dan tanpa kendala berarti. 



1100 PAKET SEMBAKO

Selain aksi penyemprotan eco enzym, MPW PP Sumut juga melaksanakan pembagian 1100 paket sembako, sebagai upaya membantu masyarakat yang terdampak ekonomis akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi.



Hal ini dikatakan, Kodrat Shah ketua MPW Pemuda Pancasila Sumatera Utara, Sabtu (28/08/2021), di sela acara pemberangkatan  armada pembagian 1.100 paket sembako dan penyemprotan Eco Enzym di halaman rumahnya, Komplek Cemara Asri.



Kegiatan pembagian 1100 paket sembako dilaksanakan MPW Pemuda Pancasila Sumut sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak pandemi Covid-19. Paket sembako berupa beras, gula, minyak, susu dan kacang hijau.

"Pembagian 1100 paket sembako ini, sebagai upaya kita semua dalam mengurangi dampak pandemi, yang cukup besar dirasakan masyarakat saat ini. Harapan kita, semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat," terang Kodrat Shah.

"Pemberian paket sembako ini juga, untuk menggugah masyarakat yang memiliki pendapatan yang cukup besar. Agar bisa berbagi kepada  masyarakat yang terdampak saat ini," harapnya. (Do)