KPw BI Sumut Soekowardojo: Buka KKSU, Berharap UMKM Berinovasi Hasilkan Produk Berkualitas

16 September 2021

 




Medan | Indonesia Berkibar News
- Dimotori oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) bersama KPw BI Sibolga dan KPw BI Pematang Siantar, bersinergi dan berkolaborasi dengan para stakeholder, menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara Tahun 2021 (KKSU 2021).

KKSU berlangsung secara virtual selama empat hari, dimulai 16 – 19 September 2021 dengan mengusung tema ” Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh”.

“Event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) merupakan event tahunan untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang tersebar di berbagai daerah Sumatera Utara biar terus berinovasi menghasilkan produk lokal yang berkualitas,” papar KPw BI Sumut  Soekowardojo pada pre event KKSU 2021, Kamis (16/09/2021).

KKSU 2021 itu digelar dalam rangka Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, sekaligus turut menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #diIndonesiaAja# (BWI), dan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) 2021.

Pagelaran KKSU mengusung 2 agenda utama, yaitu Forum KKSU dengan kegiatan berupa webinar dan talkshow, serta KKSU Fair dengan kegiatan berupa showcasing produk UMKM binaan dan mitra menggunakan sarana website KKSU, promosi dan penjualan produk secara digital dengan memanfaatkan kanal marketplace, media sosial, dan influencer.

Pada hari pertama, sejak pukul 08.00 -12.00 WIB sebagai rangkaian KKSU 2021 dilaksanakan juga Forum KKSU 2021, diisi dengan Webinar bertema Eksotisme Destinasi Wisata Sumatera Utara Pariwisata yang Inklusif.

Soekowardojo menuturkan pandemi ini memberikan tantangan yang luar biasa bagi perekonomian dunia maupun Indonesia.

“Namun bila kita lihat sekilas data makro perekonomian Indonesia dan Sumut harapan untuk recovery sudah mulai terlihat berdasarkan rilis PDRB tribulan II 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat angka positif 7,07% tahunan sementara untuk pertumbuhan ekonomi Sumut juga tumbuh positif 4,95% secara tahunan,” sebutnya.

Pertumbuhan positif ini, menurutnya, sebagai momentum recovery ekonomi kedepan setelah pada 4 triwulan sebelumnya mencatat kontraksi atau pertumbuhan negatif.

“Kami menilai kegiatan hari ini juga mendorong kuat dalam pemanfaatan momentum pemulihan ekonomi dan proses recovery pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif di Sumut melalui program super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui kementerian koordinator maritim dan investasi dan kementerian pariwisata dan kreatif akan pertumbuhan ekonomi dapat berjalan secara bersamaan,” katanya.(torong)