Bupati Sergai Darma Wijaya Buka r Pelatihan Teknis Bidang Kesehatan Hewan

18 Oktober 2021


Sei Rampah | Indonesia Berkibar News -
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Senin (18/10/2021) menggelar Pelatihan Teknis Bidang Kesehatan Hewan bagi Aparatur dan Non Aparatur bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah. 

Bupati H Darma Wijaya mengemukakan bahwa di Kabupaten Sergai terkait dengan stok pangan bagi ternak masih banyak mulai dari rumput dan makanan tambahan seperti onggo bungkil solid dan lain-lain masih tersedia. 

Bupati sedikit berbagi cerita jika Ia juga merupakan peternak khususnya sapi yang sudah dilakukannya beberapa tahun silam. 

“Saya juga peternak, jika ingin berhasil dalam berternak maka hal penting yang harus dilakukan kita harus bisa merubah pola dalam beternak dengan pola yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal,” papar Darma Wijaya. 

Bupati berharap kepada para petugas inseminasi buatan (IB) agar lebih dapat maksimal dalam menjalankan pekerjaan serta jangan terlambat untuk memberikan vaksin terhadap indukan sapi yang akan dikawinkan karena jika terlambat akan berdampak tidak baik bagi induk sapi tersebut.

Ia berpendapat jika hewan ternak yang dilepaskan akan berbeda dari peternakan yang di kandang, hal ini disebabkan oleh sapi yang diternak di luar lebih banyak aktivitasnya dibanding yang di kandang, karena menghabiskan waktunya untuk makan sehingga bobot tubuhnya cepat bertambah.

Selain itu, kata Bupati lagi, hal yang tak kalah penting adalah harus dibarengi dengan pemilihan bibit sapi yang unggul dan terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengembangan peternakan sapi kandang.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap agar dalam pelatihan ini para peserta dapat mengikuti dengan serius sehingga ilmu yang didapat bisa diimplementasikan yang pada akhirnya akan menjadikan mereka sebagai peternak yang mandiri dan sukses. 

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor Ir. Agus Triyanto, M.Si mengemukakan bahwa petugas IB di Kabupaten Sergai telah tersertifikasi sehingga legalitasnya lebih aman dalam melaksanakan tugasnya. 

“Kami merasa bangga dengan para peternak di Sergai ini yang mandiri dalam menjalankan peternakannya. Selain itu, kehadiran kami di sini guna mendorong program-program peternakan yang akan kami sampaikan kepada para peternak sehingga nantinya kami harapkan dapat membantu dalam mendorong hasil peternakan yang pada akhirnya para peternak menjadi unggul dan dapat meningkatkan hasil peternakannya,” pungkasnya. 

Acara juga dihadiri oleh Kadis Pertanian Sergai Dedi Iskandar, Plt Kadis Ketapang drh Andreas Ginting, para peternak dan petugas IB.(fit)