Bupati Sergai Darma Wijaya Lantik 14 Pejabat Administrator, 228 Pejabat Pengawas, 2 Kepala UPT Puskesmas, 27 Kasek SMP, 90 Kasek SD dan 2 Pengawas Sekolah

29 Oktober 2021



Sei Rampah | Indonesia Berkibar News
-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP,Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD ,  melantik sejumlah Pejabat dengan rincian, 14 Pejabat Administrator, 228 Pejabat Pengawas, 2 Kepala UPT Puskesmas, 27 Kepala Sekolah SMP, 90 Kepala Sekolah SD, dan 2 Pengawas Sekolah, yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (29/10/2021).

Bupati Sergai menyampaikan, pelantikan hari ini dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu siang dan sore hari dalam rangka menerapkan protokol kesehatan (prokes) penanganan pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat kepada para ASN yang dilantik pada hari ini dan berharap seluruhnya dapat segera bekerja dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di lingkungan instansi masing-masing. Ia mengimbau agar seluruhnya bisa memberikan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam bekerja, demi memberikan pelayanan yang berkualitas. 

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Badan Kepegawaian Daerah, yang telah melaksanakan semua prosedur pengangkatan pejabat administrator dan pengawas, di lingkungan Pemkab Sergai. Saya harap, pejabat yang dilantik hari ini mampu menjalankan peran barunya dengan amanah, serta mampu memberikan kontribusi berharga bagi pembangunan Sergai,” harap Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

Sebagai pejabat yang baru dilantik, Bang Wiwiek, demikian akrab disapa, meminta untuk segera mengenal lingkungan kerja dan beradaptasi dengan tugas dan fungsi yang baru. Ia berpesan agar jangan malu untuk belajar, tetap membuka hati dan pikiran untuk menerima masukan dari ilmu dari mana pun dan siapa pun. Ia juga menyarankan, jika perlu belajar kepada instansi yang berkaitan dengan bidang tugas baru, sehingga dapat lebih mendalami dan mampu menciptakan solusi bagi setiap permasalahan yang menjadi tanggung jawab.

“Saudara harus bisa menjadi motor dalam organisasi. Gerakkan maju organisasi saudara, munculkan terobosan dan solusi atas permasalahan yang menghambat laju organisasi. Hal ini berlaku kepada seluruh pejabat yang hari ini dilantik, jadilah bagian dari solusi pada setiap permasalahan. Hadirkan solusi atas setiap akar permasalahan yang dihadapi dalam bidang tugas saudara untuk mewujudkan Sergai yang mandiri, sejahtera, dan religius,” tegasnya.

Kemudian kepada para ASN bidang pendidikan yang dilantik pada sesi kedua sore hari, Bupati menekankan pentingnya arti pendidikan bagi pembangunan daerah. Ia menyebut, pendidikan menjadi salah satu program prioritas Pemkab Sergai yang tertuang dalam program kerja prioritas Sapta Dambaan (Sapda) yaitu mewujudkan Sekolah Mantab (Mandiri, Sejahtera, Asri dan Berkualitas).

“Untuk mewujudkan Sekolah Mantab dibutuhkan peningkatan akses dan perbaikan mutu pendidikan. Untuk itu kami telah berkomitmen untuk memprioritaskan anggaran untuk pembangunan sarana dan prsarana bidang pendidikan. Namun baiknya dukungan sarana dan pra sarana juga harus ditunjang dengan peningkatan SDM bidang pendidikan khususnya tenaga pendidik dan kependidikan serta peningkatan mutu manajemen di tingkat sekolah baik itu Seolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama,” tuturnya lagi.

Masih lanjut Bupati, seperti kita ketahui bersama berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2017, beban kerja Kepala Satuan Pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

“Kepala Sekolah tidak dibebani tugas pembelajaran walaupun dalam keadaan tertentu dapat melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan guru pada sekolah. Hal tersebut dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,” ucapnya.

Terakhir, Bupati berpesan kepada seluruh Kepala Sekolah yang dilantik hari ini, untuk senantiasa mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, melalui kinerja yang baik, profesional, dan rasa tanggung jawab tinggi, baik dalam mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat, demi suksesnya pembangunan di Kabupaten Sergai.

“Lakukan koordinasi dan bina kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, demi lancar dan suksesnya program kerja. Hindarkan diri dari perbuatan tercela dan menyimpang dari kejujuran dan peraturan perundang- undangan. Jaga selalu martabat diri dan Pemkab Sergai dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Adapun ASN yang dilantik pada hari ini beberapa di antaranya adalah, untuk pejabat Administrator Muliani Saragih, SE, sebagai Sekretaris Kecamatan Tebing Syahbandar, Masitah Damanik, M.Kes sebagai Sekretaris Kecamatan Dolok Merawan, Arie Fadli Utami, ST, M.AP sebagai Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan, Muhammad Syafransyah Putra Nasution, S.STP, sebagai Sekretaris KORPRI BKD dan Ingan Malem Tarigan, SE, sebagai Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD.

Selanjutnya untuk pejabat Pengawas, Yusnilawati Gultom, SE, M.I.Kom, sebagai Kepala Sub Bagian Administrasi Kewilayahan Bagian Tata Pemerintah Setdakab, Muhammad Arief Billah Syahputra Lubis, S.Sos, sebagai Kepala Kesehatan Ikan dan Pengelolaan Lingkungan Perairan Dinas Kelautan dan Perikanan, Dwi Febri Lestari, SE, sebagai Kepala Seksi Pembangunan Kawasan Perdesaan dan Pengentasan Kemiskinan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sudiyono, S.Kom, sebagai Kepala Sub Bidang Penelitian, Pengembangan Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dwi Febri Lesatri, SE sebagai Kepala Seksi Pembangunan Kawasan Perdesaan Dan Pengentasan Kemiskinan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. 

Kemudian untuk Kepala UPT Puskesmas, Jhoni Ronald Purba, AMF, sebagai Kepala UPT Puskesmas Silinda Kecamatan Silinda dan drg. Meri Kristiani Ginting, M.Kes, sebagai Kepala UPT Puskesmas Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Serdang Bedagai.

Lalu untuk Kepala Sekolah SMP, Ahmah Suryawati, S.Pd. sebagai Kepala SMP Negeri 1 Dolok Masihul, Juniarma Sidauruk, S.Pd sebagai Kepala SMP Negeri 1 Dolok Merawan, Nondang Saragih, S.Pd sebagai Kepala SMP Negeri 1 Kotarih, Putu Zulvi Setiawan, S.Pd., M.Pd. sebagai Kepala SMP Negeri 1 Pantai Cermin dan Sahara Ardani, M.Pd. sebagai Kepala SMP Negeri 1 Perbaungan.

Terakhir untuk Kepala Sekolah SD dan Pengawas, Sahrial, S.Pd., SD sebagai Kepala SD Negeri No. 108422 Pasiran Kec. Perbaungan, Farida Erawati, S.Pd., M.Pd. sebagai Kepala SD Negeri No. 108293 Perbaungan Kec. Perbaungan, Sukarsih, S.Pd. sebagai Kepala SD Negeri No. 108152 Sei Serimah Kec. Bandar Khalipah, Nurul Qolbiah, S.PD.SD sebagai Kepala SD Negeri No. 108030 Siboras Kec. Sipispis dan Eriana S.Pd, M.Pd. sebagai Pengawas Kec. Tebing Syahbandar.(fit)