KPw BI Sumut Soekowardojo: Kita Gelar Capacity Building Road To TPID Awards 2022

8 Oktober 2021


Medan | Indonesia Berkibar News -
Kepala  Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI )  Sumatera Utara (Sumut), Soekowardojo menekankan pentingnya Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dalam menyusun dan meningkatkan kualitas laporan TPID.

Menyusul keberhasilan TPID Provinsi Sumatera Utara sebagai TPID terbaik pada TPID Awards 2021 di wilayah Sumatera, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi TPID se-Sumatera Utara untuk terus meningkatkan peran TPID di daerah.Disamping itu, diharapkan pula Sumatera Utara terus menunjukkan peningkatan partisipasi Kabupaten/Kota dalam TPID Awards yang turut didukung dengan kualitas laporan yang semakin baik.

“Besar harapan agar kegiatan ini menjadi momentum lahirnya calon juara TPID Awards di Sumatera Utara”, papar  KPw BI Sumut Soekowardojo saat membuka kegiatan Road to TPID Awards 2022, Jumat (08/10/2021).

Dalam Road to TPID Awards 2022 yang diawali dengan kegiatan Capacity Building secara virtual dengan mengusung tema “Perkuat Kualitas Program dan Pelaporan TPID se-Sumatera Utara” tersebut digelar dari dua sesi yang turut mengundang para narasumber yang sudah expertise di bidangnya.

Sesi pertama dibuka oleh materi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) yang disampaikan oleh Ferry Irawan, dilanjutkan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Muhammad Firdaus dan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Utara, Naslindo Sirait.

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi mengenai content creative dan penulisan yang dibawakan oleh Adhi Nugroho selaku Analis BI dan juga seorang penulis, dilanjutkan oleh Co-Founder dan Operation Manager SociopreneurID, Heru Wijayanto.

Dalam kegiatan Capacity Building tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sumatera Utara, Arief S Trinugroho memberikan dukungan penuh terkait pelaksanaan kegiatan Road to TPID Awards 2022 sebagai upaya menggali potensi dan calon juara baru di 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan program untuk menjaga inflasi di Sumatera Utara. Dipimpin oleh Stefani Ginting, seorang News Presenter, yang turut bertindak sebagai moderator, sesi pertama berfokus pada pembahasan konten yang harus dimasukkan untuk laporan TPID.

Sesi yang diisi oleh TPIP dan Akademisi ini penuh dengan insight akan kriteria penilaian, tips penyusunan laporan, hingga sekilas mengenai proses penjurian yang turut menceritakan success story dari berbagai Provinsi, maupun Kabupaten/Kota yang juga berhasil memenangkan TPID Awards 2021. Sesi pertama ditutup oleh Pak Naslindo yang menyapaikan harapannya agar program TPID harus dapat menjawab permasalahan yag ada, integratif dan, konsisten untuk dijalankan.

Sesi kedua dipenuhi dengan pembahasan mengenai pengemasan konten dengan lebih kreatif dan inovatif. Dimulai dengan Adhi Nugroho, tips penulisan laporan dengan memanfaatkan dampak, cakupan, dan nilai tambah menjadi insight menarik yang didapatkan selama pemaparan.

Dilanjutkan dengan Pak Heru yang membahas cara menumbuhkan ide dan inovasi, dan melakukan packaging untuk program unggulan daerah melalui SCAPER, peserta dibuat antusias untuk mendengarkan pematerian hingga selesai.

Sebagai tindak lanjut kegiatan Capacity Building hari ini akan dilanjutkan rangkaian agenda berikutnya berupa kompetisi TPID Awards untuk TPID se-Sumatera Utara. Dalam pelaksaan kompetisi ini, sebelumnya setiap daerah akan diberikan fasilitas coaching dalam rangka penyusunan laporan TPID Awards.

Output yang diharapkan dari kegiatan Road to TPID Awards adalah setiap Kabupaten/Kota turut berpartisipasi aktif dalam mengikuti TPID Awards 2022 hingga mencapai target 100%. Selain itu, diharapkan pula gelar juara ini dapat dipertahankan serta dapat menumbuhkan bakal calon juara baru.

Tidak hanya itu, kompetisi ini diharapkan juga dapat menumbuhkan inovasi dan kreatifitas daerah dalam pelaksanaan program-program pengendalian inflasi demi menjaga stabilitas harga dan mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. (torong)