Pemkab Bener Meriah Apresiasi Kembali Beroperasinya Wings Air Rembele-Kualanamu

25 November 2021

 


Bener Meriah| Indonesia Berkibar  News -
Bandara Rembele Kabupaten Bener Meriah secara resmi kembali beroperasi  melayani penerbangan komersial berjadwal dengan dibukanya  kembali layanan penerbangan Wings Air dari Rembele (TXE) - Kualanamu (KNO) dan sebaliknya Kualanamu  -  Rembele mulai hari  Minggu  tanggal 28 November 2021 dengan pesawat ATR 72, demikian disampaikan oleh Kepala Kantor UPBU Faisal, ST. MT, di kantornya, Kamis(25/11/2021).

Dijelaskan oleh Faisal, dengan beroperasinya kembali Bandara Rembele melayani penumpang komersial Wings Air kita tetap menerapkan regulasi yang ada. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor 96 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, semua penumpang harus memenuhi standar kesehatan, khusus untuk penerbangan ke pulau Jawa dan Bali, bagi yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua dapat melakukan perjalanan dengan surat keterangan Negatif Rapid Test Antigen dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, namun untuk yang masih vaksin dosis pertama wajib menambahkan surat keterangan negatif RT - PCR yang berlaku 3 x 24 jam, jelasnya.

Sedangkan untuk penerbangan diluar Pulau Jawa termasuk  Bandara Rembele para calon penumpang minimal sudah vaksin dosis 1 (satu) cukup disertai dengan surat  keterangan Rapid Test Antigen Negatif dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, kecuali bagi anak yang berusia dibawah 12 tahun itu harus PCR dikarenakan belum bisa menerima vaksin, ungkap Faisal, ST. MT.

“Untuk penerbangan perintis dan penerbangan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan terluar ini dikecualikan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Subseksi Teknik, Operasi, Keamanan dan pelayanan Bandara Rembele Iwan Mulya, SE, dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada para calon penumpang dan pengunjung untuk tetap menjaga prokes dibandara maupun didalam pesawat. 

“Kami menghimbau kepada para calon penumpang Bandara Rembele, dimana selama pemberlakuan SE tersebut, Bandara Rembele  akan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti  jaga jarak (Physical distancing), memakai masker yang standar seperti yang sudah kita terapkan selama ini, ujarnya menambahkan.

Diakhir penjelasannya, Kepala UPBU yang didampingi oleh Kepala Subseksi Teknik, Operasi, Keamanan dan pelayanan Bandara Rembele menginformasikan, Untuk tahap awal ini pihak maskapai Wings Air masih menjadwalkan penerbangan dari dan ke Bandar Rembele sekali dalam seminggu yaitu tiap hari Minggu, dimulai pada hari Minggu tanggal 28 November yang akan datang dengan jadwal keberangkatan, Kualanamu - Rembele pukul 09.00 Wib sedangkan dari Rembele ke Kualanamu pukul. 10.15 Wib dengan tetap menggunakan pesawat armada Wings Air tipe ATR 72-500/600, berkapasitas 72 tempat duduk, ujarnya.

“Alhamdulillah dengan beroperasinnya kembali penerbangan komersial di Bandara Rembele ini, diharapkan para pemakai jasa angkutan udara khususnya, akan meningkatkan kembali  minat masyarakat untuk bepergian dan datang ke Gayo, Aceh dengan menggunakan pesawat udara,” naik pesawat itu aman dan menyenangkan serta dapat menghemat waktu perjalanan pungkas Kepala Kantor UPBU Rembele Faisal, ST. MT. 

Secara terpisah, Plt. Bupati Dailami menyampaiakan,   dengan beroperasinya kembali Bandara  Rembele dalam melayanani penumpang Rembele – Kualanamu dan sebaliknya,  Pemkab Bener Meriah sangat menyambuta baik setelah sekian lama tidak beroperasi. 

“Pemerintah  daerah Kabupaten Bener Meriah sangat menyambut baik serta apresiasi dengan dibukanya kembali penerbangan Rembele - Kualanamu dan sebaliknya,” kata Plt. Bupati Dailami.

Dailami juga berharap, semoga  penerbangan Wings Air ini akan menjadi gerbang keterbukaan kawasan dengan Aceh dengan harapan kebangkitan kembali perekonomian ditengah pandemi covid 19, ungkapnya. (hamdani/torong)