Tokoh Masyarakat : TPU Sangat Memperihatinkan Dan Sudah Tumpang Tindih

15 November 2021

 


Deli Serdang | Indonesia Berkibar News - Sangat memperihatinkan TPU (Tempat Pemakaman Umum) yang sudah tumpang tindih di Dusun Pembangunan Desa Tanjung Garbus Kampung Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang.

Hal ini disampaikan Tokoh Masyarakat tidak mau disebutkan namanya panggil saja Nurdin, Senin (15/11/2021) di kediamannya Warga Desa Tanjung Garbus.

"Dia berharap Manajemen PTPN ll Tanjung Garbus agar segera merealisasikan permohonan Warga Desa Tanjung Garbus, untuk pelebaran TPU," harapnya.

TPU yang sudah cukup lama hanya seluas 1200 meter persegi di gunakan dua dusun sudah beberapa generasi saat ini sudah tidak memadai karena padatnya penduduk warga dua dusun tersebut tukang gali kubur sangat bingung saat ada warga yang meninggal dunia akan menggali lubang di mana karena sudah tidak ada lagi lahan yang kosong.

Menurut keterangan tukang gali kubur pak Sugianto dan pak Mhd Husni Thamrin "di sini kalau ada yang meninggal dunia dengan terpaksa kami cari lahan yang sudah tidak terlihat patoknya di antara makam yang lain terkadang ketika kami sedang menggali lubang makam yang baru kami pernah jumpa tulang yang tersusun rapi, selain itu kami juga dengan terpaksa menggali lubang di selah akar pohon mangga yang sudah tua"

"Setelah kami kumpulkan kembali tulang tersebut lalu kita bungkus dengan kain putih lalu kami kubur kembali selayaknya,  lalu kami menggali lubang yang baru untuk lubang makam yang baru, walaupun kami sangat lelah karena menggali dua lubang kami pasrah harus bagaimana lagi karena belum ada pemakaman yang baru" ujar dua orang tukang gali kubur tersebut.

Karena TPU yang sudah tidak memadai lagi, lalu warga bersama Pemuka Masyarakat dan Tokoh Agama mengadakan musyawarah untuk mencari solusi jalan keluar agar dapat lahan TPU yang baru, ada beberapa warga mengusulkan agar Kades Purwito untuk memohon kepada PTPN ll Tanjung Garbus karena pemukiman warga berdampingan dengan lahan PTPN ll tersebut.


Hasil musyawarah tersebut di setujui oleh Kepala Desa Purwito lalu di buat surat permohonan ke pihak PTPN ll Tanjung Garbus beberapa tahun yang lalu, namun belum ada titik terang dari pihak PTPN ll Tanjung Garbus, padahal warga sangat mengharapkan perhatian dari pihak PTPN ll, sesuai UU Menteri Kelastarian Hidup setiap perusahaan harus memperhatikan lingkungan sekitarnya.

 Karena surat permohonan yang lalu ke PTPN ll belum ada titik terang mendapat perhatian lalu warga yang diwakili oleh Pemuka Masyarakat dan Pemerintah Desa kembali membuat rekomendasi surat permohonan kepada pihak PTPN ll, melaluiFraksi PKS yang ada di kantor DPRD DS, dan PCNU DS, untuk menjembatani yang di tujukan ke pihak PTPN ll, baik ke pihak deteksi maupun meneger PTPN ll Tanjung garbus.

Pada Kamis malam 8/7/2021, yang lalu anggota DPRD DS fraksi PKS Mhd Darwis batubara MPD, melaksanakan Reses tahap ll di dapil l desa tanjung garbus kampung kec pagar kab deli serdang, ketika itu setelah memberikan kata sambutan program kerja anggota dewan yang terhormat tersebut memberi waktu kepada simpatisannya yang turut hadir saat itu.

Saat itu juga Pemuka Masyarakat dan Tokoh Agama yang diwakili oleh Kepala Desa Purwito memohon kepada anggota DPRD DS Fraksi PKS Mhd Darwis Batubara MPd, agar dapat membantu mempolitisasi kepada pihak PTPN ll Tanjung Garbus, untuk memperhatikan dan membantu warga yang sangat membutuhkan lahan TPU tersebut.

Tokoh Agama  Chosni Choir Lubis SPd, mengharap agar pihak PTPN ll dapat membantu dan memperhatikan warga yang hidup berdampingan satu sama lain, yang sangat membutuhkan lahan TPU yang baru karena TPU yang lama sudah tidak memadai,  sesuai yang di mohonkan oleh warga bersama pemerintah desa dan jajarannya. (Nurdin)