Kampanye 16HKATP, TP-PKK Diskusi Perlindungan Sosial Terhadap Perempuan

9 Desember 2021

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News - Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (16HKATP) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. 

Ketua TP-PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir membuka dialog forum pemangku kepentingan "Mendorong kebijakan yang berpihak pada perempuan, anak dan kelompok marjinal". Kegiatan berlangsung di Desa Guntung, Kecamatan Tanjung Tiram, Kamis (09/12/2021).

Dalam sambutannya Ny. Maya mengatakan aktivitas ini sendiri pertama kali digagas oleh Womens Global Leadership Institute tahun 1991 yang disponsori oleh Center for Womens Global Leadership. Setiap tahunnya, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November yang merupakan Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan hingga tanggal 10 Desember yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional.

Selain itu Ny. Maya juga menyampaikan dipilihnya rentang waktu tersebut adalah dalam rangka menghubungkan secara simbolik antara kekerasan terhadap perempuan dan HAM, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM.

Saya selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Batu Bara mengapresiasi kegiatan Kampanye ini melalui diskusi yang dilaksanakan oleh Pemberdayaan Perempuan  Kepala Keluarga (PEKKA) Kabupaten Batu Bara dengan thema Meningkatkan Akses terhadap Perlindungan Sosial serta Layanan Publik bagi Perempuan dan Masyarakat Marjinal.

"Saya berharap kegiatan ini bukan hanya menjadi kegiatan seremonial belaka, namun kegiatan ini bisa berdampak dalam penghapusan kekerasan terhadap perempuan, serta dibutuhkan kerjasama dan sinergi dari berbagai komponen masyarakat untuk bergerak secara serentak, baik aktivis HAM perempuan, Pemerintah, maupun masyarakat secara umum," ujar Ny. Maya.(herman marbun/torong)