PROGRAM TJSL PT INALUM (PERSERO)PANEN PERDANA PENANAMAN BAWANG MERAH DI KABUPATEB TAPANULI UTARA

8 Februari 2022


Muara | Indonesia Berkibar News -
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) melaksanakan panen perdana bawang merah bersama kelompok tani Dos Roha Mahita di Desa Untemukkur Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Program tersebut merupakan program TJSL PT Inalum (Persero) yang sebelumnya pada tanggal 21 Desember 2021 bersama dengan Bupati Tapanuli Utara telah menyerahkan bantuan berupa bibit bawang kepada Kelompok Tani tersebut sebanyak 1,1 Ton. 

Kelompok Tani Dos Roha Mahita merupakan salah satu Kelompok Tani yang berdomisili di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara yang beranggotakan 23 Orang yang pada umumnya adalah petani bawang.

Sesuai dengan undangan kelompok tani hari ini dilaksanakan panen perdana bawang di lokasi tersebut. Adapun yang turut hadir dalam acara panen perdana yaitu mewakili pimpinan PT Inalum (Persero), Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara, Anggota DPRD Tingkat II Kab. Tapanuli Utara, PPL, beserta dengan anggota Kelompok Tani. 

“Kami turut berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PT Inalum (Persero) sehingga hari ini seperti yang kita lihat bersama hasil panen bawang perdana cukup memuaskan. Dan kami berharap Inalum bisa membantu kembali program-program pertanian lanjutan”, ujar ketua Kelompok Tani Saroha Sianturi. 

“Terima kasih kepada PT Inalum yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat di Kecamatan Muara. Semoga Inalum semakin sukses dan titip salam kepada pimpinan perusahaan” tambah anggota DPRD Tingkat II Kabupaten Taput. 

“PT Inalum mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan dan tokoh masyarakat atas dukungan masyarakat selama ini. Harapan ke depan bantuan ini bisa bermanfaat dan menjadi percontohan bagi Kelompok Tani lain dalam mengelola dan mengembangkan pertanian di daerah masing-masing”, ujar Lambas Sianipar. 

Acara panen perdana bawang tersebut harapannya bisa memotivasi kelompok tani lainnya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

*Tentang PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)*

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) “INALUM” adalah BUMN Holding Industri Pertambangan yang melaksanakan Fungsi Holding dan Fungsi Operating yang didirikan pada 6 Januari 1976.  Nama Perusahaan berubah dari PT Indonesia Asahan Aluminium menjadi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) pada tahun 2014 atau biasa disebut INALUM. Menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tanggal 19 Desember 2013, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2014 tentang Penetapan PT Indonesia Asahan Aluminium sebagai Perusahaan Perseroan (Persero). 

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) ditunjuk menjadi BUMN Holding Industri Pertambangan pada tanggal 27 November 2017, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 2017 tanggal 10 November 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) saat ini memiliki asset Konsolidasi MIND ID senilai Rp180,78 triliun (per-31 Desember 2020).

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) memiliki jaringan kantor yang berlokasi di beberapa tempat, antara lain INALUM Operating memiliki Kantor Pusat Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kantor PLTA yang berada di Paritohan, Kantor Perwakilan di Jakarta serta Kantor Penghubung di Medan.  (ips)