Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Zahir Terima Tanda Kehormatan Kartika Pamong Praja Muda dari IPDN

24 Februari 2022

 




Jatinangor | Indonesia Berkibar News - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, diundang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Kuliah Umum (Stadium General), yang digelar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (24/02/2022).

Stadium General juga dihadiri langsung oleh Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, Walikota Makasar, Ir. H. Mohammad Ramadhan Pomanto, Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Nelson Pomalingo.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri secara virtual oleh mahasiswa-mahasiswa dari 7 IPDN yang ada di Indonesia. Seperti IPDN Jakarta, IPDN NTB, IPDN Sulut, IPDN Sulsel, IPDN Kalbar, IPDN Sumbar dan IPDN Papua.

Stadium General merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Dies Natalis IPDN ke-66, yang akan digelar pada 17 Maret 2022. IPDN turut mengundang para Bupati dan Walikota yang memiliki prestasi cemerlang, khususnya dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Para Bupati dan Walikota tersebut berbagi ilmu dan pengalaman terkait permasalahan stabilitas ekonomi. Seperti upaya-upaya pemulihan percepatan ekonomi, inovasi-inovasi yang dilakukan, dan bagaimana kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan.

Bupati Zahir yang menjadi salah satu narasumber, menyampaikan upaya dan inovasi percepatan pemulihan ekonomi daerah yang dilakukan Kabupaten Batu Bara tentunya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ia menjelaskan bagaimana cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batu Bara. Dimulai dari sektor industri, perikanan, pertanian, pariwisata, hingga sektor UMKM yang merupakan sektor andalan di Kabupaten Batu Bara.

Atas capaiannya dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batu Bara, Bupati Zahir mendapatkan penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dari IPDN.

Menurut Bupati Zahir, dalam membangun sebuah bangsa dan negara, diperlukan kerjasama dan kekompakan antar semua instansi dalam berbagai hal. Sehingga misi Bupati Zahir untuk meningkatkan kolaborasi industri, lembaga pendidikan, dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara dapat tercapai, dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Batu Bara sebagai masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya.

"Kita harus kompak, tanpa kekompakan, semua tidak bisa kita lakukan. Kompak dalam pekerjaan, kompak dalam berpendapat, kompak dalam mengambil semua sikap. Karena kalau kita tidak kompak, kita tidak akan kuat. Karena kekompakan adalah kunci utama membangun sebuah bangsa dan negara,” ungkap Bupati Zahir. (torong)