Kepala KPwBI Sumut Doddy Zulverdi Serahkan Bantuan Produksi Air Minum Dalam Kemasan Di Pondok Pesantren Al-Uswah Langkat

8 Maret 2022


Langkat | Indonesia Berkibar News -
Sebagai wujud mendukung penguatan ekonomi syariah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memberikan bantuan sarana produksi air minum dalam kemasan di Pondok Pesantren Al-Uswah di Kabupaten Langkat, Selasa (08/03/2022). Sebelumnya BI Sumut juga telah memberikan bantuan berupa instalasi air bersih (sumur bor) pada tahun 2020.

"Kami mengharapkan agar bantuan ini bisa dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan air minum bagi pesantren serta kedepannya dapat dijual kepada masyarakat agar menghasilkan pendapatan atau income bagi pesantren,” ucap Kepala KPwBI Sumut, Doddy Zulverdi dalam sambutannya saat kegiatan Peresmian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa Sarana Produksi Air Minum Dalam Kemasan di Pondok Pesantren Al-Uswah.

Selain bantuan sarana, KPwBI Sumut juga bakal memberikan bantuan dalam bentuk Capacity Building mengenai Pengelolaan Air Bersih yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 10 Maret 2022.

Doddy menambahkan, berbagai bantuan yang diberikan melalui Program Sosial Bank Indonesia tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi pesantren, sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar pondok pesantren.

"Kami sangat berharap bantuan-bantuan tersebut dapat menjadikan Pondok Pesantren Al-Uswah semakin berkembang, mandiri serta memiliki kegiatan usaha yang profesional guna mendukung operasional pesantren,"tutur Doddy.

Selain itu, lanjutnya lagi, bantuan ini juga diharapkan dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar serta memperkuat eksistensi pesantren sebagai bagian dari solusi pengentasan kemiskinan serta pengangguran untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

Doddy juga menyebut, dalam pelaksanaan tugasnya, Bank Indonesia perlu menjalin komunikasi yang efektif dan efisien dengan semua lapisan masyarakat dan stakeholders.

"Berbagai upaya untuk menjalin dan memelihara komunikasi itu, Bank Indonesia dihadapkan pada berbagai kondisi yang menggugah empati dan kepedulian,” ungkap Doddy.

Untuk itu, sambung Doddy, sebagai bagian dari komponen masyarakat, Bank Indonesia perlu berkontribusi dengan memberikan pemikiran dan solusi untuk membantu terwujudnya aktivitas pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

”Program sosial ini dilakukan secara sistematis dan terencana melalui berbagai aktivitas yang berfokus pada penguatan kapasitas ekonomi, peningkatan kapasitas SDM serta kepedulian sosial terkait pendidikan, keagamaan hingga penanganan bencana," pungkasnya. (torong)