Sekda Tapsel Hadiri Peresmian Kampung Pancasila Di Desa Sibadoar Kec. Sipirok Tapanuli Selatan

11 Maret 2022

 


Tapsel | Indonesia Berkibar News - Kepala Pemerintah Daerah Tapanuli Selatan yang diwalkili Parulian Nasution Langsung hadiri Peresmian Kampung Pancasila Didesa Sibadoar Kec. Sipirok Tapanuli Selatan, Jumat (11/03/2022).

Dimana Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution Kegiatan Peresmian Kampung Pancasila atas nama pemerintah kab. Tapsel, memberikan apresiasi dan terimakasih kepada dandim 0212 tapsel yang telah menginisiasi munculnya kampung Pancasila di kabupaten Tapanuli Selatan tepatnya dikampung Sibadoar. Hemat kami, kampung Pancasila ini sebuah program yang sangat brilian “ucap Sekda dalam “kata, sambutannya.

Dimana Program yang harus dikembangkan bukan hanya di Desa Sibadoar,saja di seluruh Kabupaten Tapsel bahkan seluruh Indonesia, nilai Pancasila itu lahir dari akar, budaya, perilaku dan pola pikir,sikap dan perilaku rakyat Indonesia, jauh sebelum Indonesia merdeka,nilai -nilai Pancasila itu sudah ada, Pancasila itu sesungguhnya alat yang sangat aktif untuk membendung baik dia rongrongan,dan ancaman, tantangan dan gangguan,untuk menjaga keutuhan rakyat Indonesia.karena nilai- nilai Pancasila itu,adalah nilai toleransi antar umat beragama di Desa Sibadoar kata tokoh agama Desa Sibadoar. hidup Rukun interen umat beragama yang berbeda dan rukun antar umat beragama dan pemerintahan.

“Pancasila itu adalah yang berketuhanan,kemudian Pancasila itu adalah ber kemanusiaan, bagi rakyat Indonesia yang memiliki nilai kemanusiaan,maka muncul lah nilai-nilai saling menghargai, tempo saliro, itu sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka mulai dari sabang sampai kemerauke, bukan hanya Sibadoar.

Indonesia ini disebut wawasan nusantara,Sebagai satu kesatuan yang utuh,yang tidak bisa dipisahkan,dalam bingkai negara Kesatuan ini.

‘Pancasila itu adalah Pancasila berkerakyatan , ditengah rakyat kita, kekerabatan dalam Indonesia itu betul -betul menyatu.

“Jadi rakyat itu kompak. Pancasila itu adalah yang berkeadilan dalam pertumbuhan, tumbuh dalam pemerataan, adil dalam pertumbuhan.

Adil dalam pemerataan.

“Oleh karna itu “saya “berharap kepada Masyarakat Sibadoar ini, senantiasa kita mengembangkan nilai-nilai sosial budaya Pancasila itu, menjadi filter dari sikap kebaratan, radikalisme, terorisme, Pancasila adalah kepribadian bangsa,

“Mohon bantuan Dandim 0212 -Tapanuli Selatan agar muncul lagi kampung -kampung pancasila lagi ,bukan hanya di Sibadoar ini saja tapi Desa Sibadoar inilah tonggak pertama kampung Pancasila ‘terangnya Sekda.

“Peresmian ini bukan hanya ceremonial saja, ditulis dengan tinta emas kalimat nya kampung pancasila, bukti tulis dengan follow up yang jelas, terus dikembangkan di masyarakat Sibadoar ini.

Nilai Pancasila ini yg perlu ditanamkan, sebagai filter dekadensi Nasional seperti kenakalan remaja, akan jauh jika ditanamkan nilai Pancasila “Pungkasnya ,Sekda Tapanuli Selatan.

Dimana dalam kegiatan Peresmian Kampung Pancasila Desa Sibadoar kec. Sipirok turut dihadiri Polres Tapsel kejari Tapsel Dandim 0212- Tapsel kapolsek Sipirok Camat Sipirok koramil O3 Sipirok Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kades Desa Sibadoar Dan undangan Lainnya. (marwan/torong)