Bupati Sergai Darma Wijaya Lantik 99 Kades Terpilih

29 April 2022


Sei Rampah | Indonesia Berkibar News
-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melantik 99 Kepala Desa (Kades) se-Sergai dan 3 Penjabat Kades di Gedung Baru Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (29/04/2022).

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai mengucapkan selamat kepada seluruh Kades yang baru saja dilantik, dengan harapan Kades yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mempercepat pembangunan di wilayah Sergai.Tidak lupa Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Kades yang telah menjabat dan telah menyelesaikan amanah yang diberikan masyarakat, semoga segala bakti yang telah diberikan menjadi ladang ibadah dan keberkahan.

Terakhir Bang Wiwiek berpesan 6 poin penting yang harus dipenuhi oleh seluruh Kades yang dilantik yaitu pertama bersungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sesuai dengan tupoksi. Kedua, menempatkan Badan Pemerintahan Desa sebagai mitra. Ketiga, menciptakan kondusivitas lingkungan masyarakat di desa yang dipimpin, dengan merangkul seluruh elemen masyarakat. Keempat seorang Kades mempunyai tugas yang besar bukan hanya terfokus pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang diusulkan ke Pemkab, tetapi idealnya seorang Kades harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong. Kelima mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di desanya masing-masing karena gangguan kamtibmas sangat rentan terjadi dan menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum.

“Keenam atau yang terakhir, beberapa waktu yang lalu, masing-masing desa telah membentuk 2 (dua) orang petugas kebersihan. Saya minta kepada seluruh Kades agar tetap mengaktifkan petugas kebersihan yang ada diwilayah saudara. Hal ini bertujuan agar kebersihan lingkungan dan drainase (parit) di desa bisa terjaga dan terhindar dari masalah banjir serta penyebaran penyakit seperti demam berdarah,” tandasnya. 

Ikut hadir pula dalam pelantikan Kades ini Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK, Dandim 0204/DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara, S.Sos, Mhan, para Anggota DPRD Sergai dan DPRD Provinsi Sumut, para Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala OPD dan Camat, serta para Kades dan tamu undangan lainnya.(mcs/fit)