PELEPASAN 243 ORANG SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022 TERSELENGGARA DENGAN BAIK

30 April 2022

 


Nias Selatan | Indonesia Berkibar News -Sekitar pukul 11.00 WIB, acara pelepasan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 pada hari,Sabtu (30/04/2022) dimulai yang bertempat di halaman sekolah.

Turut hadir Pengawas Manajerial dari Cabdis Pendidikan Telukdalam Dinas Pendidikan Provsu, Bapak B.S. Laia, S.Th., Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam Ibu Nursari Rindu Simanullang, S.Pd., M.M., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bapak Pilipus Manao, S.Pd. M.M., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ibu Frida Trisnasari Sihura, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras Bapak Berkat Martua Laia, S.Pd., Bapak dan Ibu Walikelas XII, Bapak/Ibu Guru dan Tenaga Kependidikan, Bapak/Ibu Orang Tua/Wali siswa, pengurus OSIS, dan paskibra/capas SMA Negeri 1 Telukdalam.

Undangan disambut dengan meriah melalui tarian yang dipersembahkan oleh siswa-siswi berbakat di bidang seni dan budaya yang dikoordinatori oleh Brando S. Wau siswa kelas XII-IPS Aster. Sungguh sebuah persembahan yang patut diapresiasi karena mereka telah melestarikan kekayaan bangsa khususnya di bidang budaya dan seni.

Sebelum acara dimulai, seluruh undangan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti dengan doa pembuka oleh Ibu Yusniar Gea, S.Pd.K. “Kegiatan ini dilakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada Ibu Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Wakil Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah membimbing, menuntun, mengajari, terutama mendidik kami, khususnya siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2021/2022. Momen ini juga mengingatkan kami bahwa tanpa dukungan orang tua rasanya tak bisa kami berdiri seperti saat ini,” ungkap Amanda Winter Sonata Luahambowo, selaku ketua Panitia, di hadapan undangan. 

Mewakili siswa-siswi kelas X dan XI, melalui pengurus OSIS, ketua OSIS menyampaikan ucapan selamat sekaligus doa dan harapan yang mulia supaya kakak kelas bisa berhasil kelak. Sebagai perwakilan orang tua, pada kesempatan yang sama juga turut mengapresiasi kinerja atau pelayanan maksimal dari Ibu Kepala Sekolah, guru dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Telukdalam.

Untuk melestarikan kekayaan bangsa berupa puisi, Olwan Duha dan Pia Betris Sarumaha selaku pembawa acara mengajak undangan untuk tetap konsentrasi mengikuti acara demi acara semisal arahan dan bimbingan dari orang tua.

Bapak/Ibu orang tua kami,

Olehmu, kami kenal dunia dan bisa berpetualang hingga saat ini di dunia pendidikan. 

Darimu, kami tahu pendidikan karena engkaulah guru pertama kami. 

Nias Selatan punya pantai memesona, 

Sangat indah, menarik para wisatawan. 

Acara berikut bimbingan orang tua, 

Mari kita simak dan dengarkan.

“Saya turut bangga dengan prestasi dan kualitas kerja guru-guru di SMA Negeri 1 Telukdalam. Sudah nyata bukti dan buahnya,” tutur Ibunda siswi Ribha Duha.

Sebelum menyampaikan arahan dan bimbingan dari Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam, kembali lagi pembawa acara membacakan pantun.

Di tepi pantai tumbuhlah kelapa, 

Amatlah subur tanpa dipupuk. 

Arahan dan bimbingan dari ibu kepala,

Bapak/Ibu dan hadirin kita ikuti dengan baik. 

“Hari ini, 30 April 2022 telah dimulai lembar baru dalam hidupmu. Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno dewan guru SMA Negeri 1 Telukdalam yang diadakan 06 Maret 2022, telah ditetapkan kelulusan bisa kalian lihat pada tanggal 05 Mei 2022 pukul 10.00 melalui web sekolah,” buka Ibu Kepala SMA NEGERI 1 Telukdalam mengawali arahan dan bimbingan.

“Jalan di depanmu masih panjang. Tetaplah berjalan anakku dengan keteguhan hati, bawalah ilmu dan budi bahasa yang baik yang sudah dibekali oleh Bapak dan Ibu guru yang sangat mencintai kalian. Jangan pernah ragu. Kesuksesan bisa kalian raih dengan kerja keras dan tentu saja doa orang tua. Izinkan Ibu mohon maaf lahir dan batin untuk salah dan khilaf kami selama kamu belajar di SMA Negeri 1 Telukdalam,” tutur beliau hingga suasana menjadi haru.

“Selamat melangkah maju anakku! Bawalah nama almamater kita, SMA Negeri 1 Telukdalam dengan kebanggaan di dada, baktikan dirimu pada nusa dan bangsa dengan ilmu dan karakter baik, yang telah disemaikan Bapak dan Ibu guru pada ladang jiwa muda yg penuh semangat,” pesan beliau sebelum melepas atribut siswa terbaik Aswan J. P. Zamili, Agnes, dan Agung Sarumaha oleh Bapak dan Ibu Wakil Kepala Sekolah.

Iringan lagu Himne Guru sambil penematan bunga oleh siswa-siswi kepada selurh Bapak dan Ibu Guru disaksikan oleh undangan menjadi acara pamungkas bagian inti. Sebagai tanda cinta, secara simbolis, ketua panitia memberikan cenderamata kepada sekolah yang mereka cintai yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Wakil Kepala Sekolah.

Dengan rasa bangga, seluruh siswa yang telah lulus SNMPTN, SNMPN, SPAN PTKIN, IT Telkom/BUMN (jalur beasiswa) disebutkan satu per satu dan didampingi oleh orang tua/wali. Selanjutnya, pemasangan selempang alumni disematkan kepada sejumlah 51 orang siswa-siswi oleh Bapak dan Ibu Guru yang dipandu langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Telukdalam.

Unjuk bakat dan talenta menjadi penyemangat seluruh undnagan. Sorak-sorai antusiasme bahkan dukungan langsung berupa saweran orang tua. Pembacaan puisi tentang kisah dan momen bermakna selama siswa belajar di SMA Negeri 1 Telukdalam amat jelas tersampaikan lewat diksi yang apik. Disusul dengan tarian kreasi, persembahan lagu berupa vokal grup, dan tor-tor. Kesemua rangkaian acara dipandu oleh MC berbakat. 

Kata penutup oleh Olivia M. Simanullang.

“Saya mewakili panitia mengucapkan terima kasih atas perjuangan Bapak dan Ibu dalam mengajarkan tata krama, ilmu, dan disiplin. Tanpa perjuangan dan jerih payah serta doa Bapak dan Ibu, sangat tidak mungkin kami bisa sampai pada titik ini. Bagi kami, Bapak dan Ibu Guru merupakan orang tua kedua di sekolah. Mohon doa restu dari Ibu Kepala Sekolah, Bapak/ Ibu Guru, dan seluruh para tamu dan orang tua kami, supaya setelah meninggalkan sekolah ini, kami dapat membawa nama baik SMA Negeri 1 Telukdalam dan berjuang untuk menggapai cita-cita setinggi langit untuk membanggakan orang tua kami,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan foto bersama setelah doa penutup oleh Bapak April Yunus Gea, S. Th. Kenangan yang termasuk mengharukan dan membanggakan. (Mesiana Bu’ulolo/torong)