Bupati Nias Utara Anggarkan Iuran Jamsostek Bagi 1.600 THL Non ASN

24 Mei 2022

 


Padang Sidimpuan | Indonesia Berkibar News- Pegawai non- Aparatur Sipil Negara (ASN) alias tenaga honorer dan BHL/ THL di lingkungan Kabupaten Nias Utara harus bergembira,  karena kepesertaan BP Jamsostek mereka telah dianggarkan oleh Pemkab Nias Utara. 

“Pada APBD 2022 telah dianggarakan iuran demi perlindungan atas risiko sosial dari pekerjaan yang diembannya,” jelas Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd, pada kegiatan Sosialisasi Inpres Nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), khususnya pada sektor keagamaan  di Kepulauan Nias.

Kegiatan yang berlangsung meriah digelar secara Hybrid (secara daring dan luring) dihadiri para Pimpinan Gereja dan sejumlah Pejabat Pemerintah se-Kepulauan Nias.

Kegiatan secara luring dilaksanakan di Kantor Pusat BNKP. 

Sesangkan dan kegiatan daring menghadirkan sejumlah Pejabat dari berbagai kalangan.  

Kegiatan yang ditujukan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, khususnya bagi Pekerja Sektor Keagamaan di Kepulauan Nias, berlangsung meriah.

“Saat Ini Pemerintah Kabupaten Nias Utara telah menganggarkan Iuran untuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, bagi 1.600 Tenaga Kerja THL Non ASN di Kabupaten Nias Utara,” tukas Amizaro Waruwu, S.Pd pada sesi penyampaian komitmen pada kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Pusat BNKP, Jl Soekarno No. 22 Kota Gunung Sitoli Jumat, (20/05/2022) yang lalu,  sebagaimana keterangan tertulis BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidimpuan yang diterima Wartawan , Selasa (24/05/2022).

Lantaran pentingnya program Jamsostek dalam memberikan perlindungan dari berbagai resiko kerja,  khususnya bagi pekerja dan keluarganya.

Pemkab  juga sedang menghitung kemampuan anggaran APBD,  setidaknya bagi 5000 tenaga rentan dan sosial keagamaan. 

Hal itu guna membantu pekerja pada golongan ekonomi lemah,  dalam perlindungan program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian di Wilayah itu.

Kegiatan sosialisasi  diawali sambutan selamat datang secara daring oleh Ephorus Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) Pdt. DR. Tuhoni Telaumbanua, M.Si yang saat itu dari Bangkok Thailand. 

Ephorus BNKP dalam sambutannya mengungkapan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang di pusatkan di Kantor Pusat BNKP  bersamaan dengan peringatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. 

“Hari ini kita bangkit bukan hanya dari Kemerdekaan saja, tapi kita juga harus mengisi kemerdekaan tersebut. 

Salah satunya adalah bangkitnya Perlindungan Jaminan Sosial, khususnya bagi Pelayan keagamaan,” pungkas Tuhoni.

Selanjutnya,  pembukaan kegiatan dan arahan diberikan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Pusat, Zainudin. 

Acara tersebut juga disi  dengan penyerahan santunan, sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidimpuan DR. Sanco Simanullang dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gunung Sitoli Rolan Tobing di Gunung Sitoli, Selasa (24/05/2022) mengungkapkan, terkait pendaftaran Non Pegawai Negeri Sipil (PNS), pihaknya menjemput bola dengan  menemui Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, dan Sekda.

“Kita langsung gerak cepat dan menemui Pak Bupati. Bersama Pak Wakil, kami jumpa di lapangan Merdeka, Beliau (Pak Bupati-red) berharap,  sebelum berakhir Bulan Mei 2022, harus  dibayar, sehingga Non PNS secepatnya terdaftar.

Untuk ada kerjasama yang baik dalam hal ini, kita akan tampung Iuran Jamsostek bagi 5000 Tenaga Kerja Rentan” tutur Rolan.

Lebih lanjut Rolan mengatakan, lantaran masih ada 4 OPD lagi yang belum menyerahkan data, maka pendaftaran sedikit terlambat dari waktu yang ditentukan" ucapnya.

Rolan menambahkan, kendati begitu, Bupati telah meminta, agar pendaftaran jangan sampai melewati akhir Bulan Mei 2022" pungkas Rolan Tobing. (TS)