Bupati Sergai Darma Wijaya Tandatangani MoU Peningkatan Kualitas SDM

17 Mei 2022


Medan| Indonesia Berkibar News -
Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus mewujudkan masyarakat Serdang Bedagai (Sergai) yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius, Bupati H Darma Wijaya bersama sejumlah Kepala Daerah se-Sumatera Utara (Sumut) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Ditjend Binalavotas) di BBPVP Jalan Gatot Subroto KM 7,8 Medan Sunggal, Selasa (17/05/2022).

Penandatanganan MoU ini dalam rangka sinergi peningkatan kompetensi, pemberian bantuan permodalan, dan membangun kesadaran diri bagi masyarakat di kabupaten/kota masing-masing.

Kegiatan yang dirangkai dengan Inauguration of School Operation Kegiatan Pengembangan BLK Maritim (Development of Maritime Vocational Training Centers) ini disaksikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang mengatakan jika penandatanganan MoU yang dilaksanakan ini mencakup sinkronisasi program pelatihan dan pendampingan kelompok masyarakat dalam meningkatkan keterampilan masyarakat, pemberdayaan kelompok masyarakat pasca pelatihan serta kerja sama pertukaran data informasi. 

Disampaikan Ida bahwa semua kerja sama itu dapat menjadi pionir bagi balai latihan vokasi di seluruh kabupaten/kota.

“ Dengan kerjasama yang akan berlangsung nantinya, komitmen dan dukungan pemerintah daerah (Pemda) semakin besar untuk pengembangan SDM Indonesia,” terangnya. 

Dikesempatan serupa, mewakili Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Sekda Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) Afifi Lubis mengatakan bahwa dalam rangka menggali potensi maritim yang ada di Sumut diperlukan kemampuan SDM yang unggul agar potensi tersebut dapat secara maksimal diolah demi kesejahteraan masyarakat.

" Sudah selayaknya Pemprovsu menyampaikan Apresiasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI atas pelaksanaan gelaran.ini. Semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dapat melahirkan SDM unggul di Sumut" tandasnya.

Senada dengan Sekda Pemprovsu, usai kegiatan, Bupati Sergai H Darma Wijaya berharap kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

" Saya rasa kerjasama ini sangat penting  khususnya bagi masyarakat Sergai. Ini sejalan dengan misi kami dalam meningkatkan kualitas SDM sekaligus mewujudkan masyarakat Sergai yang Maju Terus," tutupnya.

Turut hadir dalam acara Wakil Dubes Austria, Philip Roessl,  Dirjen Binalavotas Budi Hartawan, Wakil Walikota Medan, Bupati Labura, Walikota Binjai, Wakil Bupati Langkat, Bupati Deli Serdang, Bupati Batu Bara, Bupati Simalungun, Bupati Nias Utara, Bupati Toba, Bupati Aceh Tamiang, Bupati Bantul, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, President Of Social Welfare Corporation Hinode Jepan serta undangan lainnya. (mcs/fit)