Parakhin Sumut, DPP FKIB dan Muspida Deli Serdang Laksanakan Buka Puasa Bersama di Klenteng Ling Shen

2 Mei 2022


Lubuk Pakam | Indonesia Berkibar News -
Dari Rilis Berita diterima Senin (02/05/2022), Perhimpunan Rohaniawan Khong Hu Chu Sumatera Utara (Parakhin Sumut), bersama  dengan Dewan Pimpinan Pusat Forum Kebhinekaan Indonesia Bersatu (DPP FKIB), laksanakan Buka Puasa bersama,   yang dipimpin oleh Xs. Ir. Djohan Adjuan, didampingi  unsur Muspida Deli Serdang.

Yang dilaksanakan di Klenteng Ling Shen Mao,   Jumat (29/04/2022) yang lalu.

Adapun pelaksanaannya, selain untuk merajut tali silaturahmi, juga sebagai ajang konsolidasi sesama Anggota dan Pengurus di Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Parakhin Sumut X.S Ir. Djohan Adjuan yang mengucapkan selamat datang di Klenteng Ling Shen Mao dan selamat menjalankan berbuka puasa, bagi Umat Muslim, yang sedang menjalankan Ibadah Puasa" ucap Djohan Adjuan.

Ketua Parakhin Sumut juga menyampaikan, mari kita terus menjalin sinergi, baik dengan unsur Muspida Deli Serdang dan DPP FKIB, dengan  selalu menjaga keharmonisan dan kerukunan Umat Beragama di Deli Serdang, yang majemuk dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila" pungkas Djohan Adjuan.

Bupati Deli Serdang yang diwakili oleh Kepala Pemadam Kebakaran Deli Serdang Kurnia Boloni Sinaga, SSTP   menyampaikan, terima kasih, bangga dan bahagia hadir di tengah-tengah elemen Pengurus Parakhin Sumut dan DPP FKIB, dalam rangkaian kegiatan Buka Puasa bersama di Ramadhan 1433 H 

“Semoga ini dapat menjalin  silaturrahmi, untuk sama-sama mewujudkan Deli Serdang yang maju dan sejahtera, bersama dengan masyarakatnya yang religius dan rukun, dalam kebhinekaan” ucap Boloni Sinaga.

Ketua Umum (Ketum) DPP FKIB Ustadz Martono menyampaikan, bahwa agenda Buka Puasa bersama tersebut, sebagai agenda rutin tahunan, yang akan selalu digelar oleh DPP FKIB, dan juga menjadi salah satu langkah meningkatkan ikatan emosional persaudaraan, antar Pengurus dan Anggota DPP FKIB,  dimana kali ini diadakan bersinergi dengan Parakhin Sumut, bersama Klenteng Ling Shen Mao.

Ini menunjukkan bahwa, DPP FKIB siap bersinergi dengan elemen Parakhin Sumut, untuk menciptakan suasana kemajemukan beragama dan pluralisme yang bertoleransi di tengah-tengah masyarakat Deli Serdang.

Di Bulan Suci Ramadhan ini tentunya harus selalu kita isi dengan kegiatan-kegiatan positif, utamanya menciptakan dan menjaga harmonisasi persaudaraan antar Pengurus DPP FKIB  yang dibingkai dalam agenda Buka Puasa bersama.

Selain itu juga, agenda ini sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT, atas diberikannya Rahmat, hidayah dan keberkahan, dimana kita masih dipertemukan kembali di Bulan yang Suci ini”, pungkas  Ustadz Martono.

Sebelumnya Ustadz Martono dalam penyampaian Tausiyah nya mengatakan, Perlu kita pahami bersama bahwa, momen saat   ini bukan saja momen Bulan Suci Ramadhan saja, untuk menahan hawa nafsu.

Tetapi di luar Bulan Suci  Ramadhan ini, kita harus dapat menjaga hawa nafsu, untuk tidak mengerjakan apa yang dilarang Tuhan Yang Maha Esa.

Seperti yang saya bacakan tadi di Tausiyah Surah 1 Albaqarah ayat 183 itu, mewajibkan Umat Muslim untuk melakukan Puasa.

Yang mana, Puasa itu ada terlaksana, sebelum Umat Muslim lakukan.

Jadi, Puasa itu harus  dilakukan oleh seluruh Umat Manusia. Yang  maknanya harus  dilaksanakan oleh seluruh Umat Manusia, untuk selalu menjaga hawa nafsunya, agar tidak mengerjakan segala apa yang dilarang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa" ucap  Ustadz Martono, yang juga merupakan Ketum DPP FKIB tersebut.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPP FKIB Ustadz Martono, Sekretaris Umum (Sekum) DPP FKIB Pdt Hulman Tinambunan, Srikandi-Srikandi DPP FKIB Lia Aulia, Niar Sijabat dan Ratna Sirait serta, Romo Pandita Kok Hong, Pdt Beatus Munthe, Pangelis Berlinson Sihotang, Yarman Gulo, Polmar Marbun, Isron Sinaga, Lie Cie Cie Kong, alias Raymond serta Budi selaku pengurus Tri Dharma dan Hermanto, serta para Pengurus Pers Angkatan Bersenjata 

Kegiatan Buka Puasa bersama tersebut, juga turut dihadiri unsur Muspida Deli Serdang, diantaranya Bupati Deli Serdang yang diwakili oleh Kepala Pemadam Kebakaran Deli Serdang, Kurnia Boloni Sinaga, SSTP, Ketua FKUB Deli Serdang H. Waluyo serta Dandim 0204 Deli Serdang Letkol Kav Jackie Yudhantara S.Sos, M.Han.

Suasana berbuka puasa tersebut terasa sangat hangat dan penuh dengan suasana kekeluargaan dan diakhiri dengan makan bersama dan  sesi foto bersama,  diantara sesama pengurus DPP FKIB dan Parakhin Sumut. (TS)