Pesta Pembangunan HKBP Poriaha Tapteng Meriah, Terkumpul Dana Rp 320.393.500 Lindungi Diri dan pelayanan, Seluruh Penatua Daftar Jamsostek

14 Mei 2022


Tapteng | Indonesia Berkibar News -
Bertepatan pada minggu Jubilate (Bersorak-soralah Bagi Allah hai Seluruh Bumi), pesta Pembangunan HKBP Ressort Poriaha Distrik 9 STN(Sibolga Tapteng Nias) berlangsung meriah pada 08 Mei 2022.

 " Seluruh jemaat bersorak sorai bersukacita atas berkat Tuhan. Cuaca saat itu sangat cerah, sangat mendukung kegiatan ini, pada hal sebelumnya empat hari berturut-turut hujan deras," jelas Pdt Martin Manullang MTh,MM dalam keterangannya, Sabtu (14/05/2022).

 Pesta Pembangunan Gedung Sekolah Minggu dan rumah dinas HKBP Poriaha Julu ressort Poriaha yang dipimpin Praeses HKBP Distrik IX Sibolga Tapteng Nias Pdt Donda Simanjuntak, STh berhasil menggalang dana pembangunan sebesar Rp 320.393.500,-

 Kegiatan  itu turut dihadiri Pdt Nommensen KH Sibagariang, MTh Sekretaris Distrik 9 dan Pdt Pontius Siregar Plt Praeses Persiapan Distrik Barus Raya. 

 Praeses dalam kotbahnya menekankan bahwa kuasa Tuhan mampu memberikan hal-hal yang tidak mungkin dalam hidup kita, memberikan sukacita sebagaimana sukacita besar yang diterima Dorkas dan keluarganya setelah kuasa Tuhan membangkitkan Dorkas dari kematian yang dikutip dari Kisah para Rasul 9 : 36 - 43.

 Pesta Pembangunan ini dihadiri tidak kurang dari  1.020 orang yang terdiri dari anggota jemaat dan para undangan dari berbagai gereja-gereja tetangga.

Pdt Martin Manullang, MTh, MM selaku Penanggungjawab yang juga Pendeta Ressort menyampaikan terimakasih kepada seluruh undangan dan pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

 "Penggalangan dana yang diupayakan panitia berupa lelang ulos, lelang makan dan berupa spontanitas dan berhasil mengumpulkan Rp 320.393.500,- Puji Tuhan," jelas mantan Ketua Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Medan.

 Disebutkan, Dana yang terkumpul  akan dipergunakan untuk membangun gedung sekolah minggu dan rumah dinas HKBP Poriaha Julu Ressort Poriaha, ditaksir  berbiaya Rp 1,7 Milyar.  

"Tentu dana yang terkumpul ini belumlah cukup, sehingga kita masih sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak terutama para Perantau asal Poriaha di manapun berada. Doa dan harapan kita, kiranya Tuhan memberkati semua jemaat yang telah berpartisipasi dan juga yang akan masih berpartisipasi," imbuh Martin.

 Adapun tujuan membangun gedung ini adalah untuk peningkatan pelayanan khususnya bagi anak-anak sekolah minggu demi masa depan gereja dan bangsa yang lebih baik.

 "Terimakasih buat Panitia yang telah berupaya mensukseskan kegiatan ini yang dipimpin oleh Horas Parulian Silitonga sebagai Ketua, Nasran Situmorang, SKM sebagai Sekretaris dan cSt Dorma Damanik, AmKeb sebagai Bendahara. Kiranya Tuhan memberkati seluruh panitia," tutur Martin.

 Ikut Jamsostek

 Pdt Martin Manullang MTh MM pada bagian lain mengungkapkan, seluruh Sintua (penatua) gereja di Ressort Poriaha mengikuti program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

 "Kita telah daftarkan seluruh penatua, segera kita susul pendaftaran jemaat," katanya.

 Bersama Praeses Donda, Martin yang saat ini dipercaya menjadi Kepala Bidang Marturia Distrik 9 STN akan menularkan semangat mengikuti Jamsostek ini keseluruh gereja-gereja yang berjumlah ratusan dengan jemaat puluhan ribu yang tersebar di Sibolga, Tapanuli Tengah dan Nias.

 Terpisah, Kepala Jamsostek Cabang Sidimpuan Dr. Sanco Simanullang ST.,MT., IPM., ASEAN Eng didampingi Kepala Jamsostek Sibolga Boy Tobing SH MKn, menyambut baik terobosan pengurus Distrik untuk melindungi seluruh Pendeta, Sintua dan jemaat dalam Program Nasional Pemerintah.

"Luar biasa komitmen Inang Praeses Donda dan Amang Martin, Semoga Tuhan memberkati rencana besar ini," pungkas  Sanco. (TS)