Berdayakan Wilayah Pesisir, Pemkab Sergai - Lantamal I Belawan Tanam 15 Ribu Pohon Mangrove

9 Juni 2022


Tanjung Beringin | Indonesia Berkibar News -
Sebagai upaya dalam memberdayakan wilayah pertahanan laut, Pemeritah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Lantamal I Belawan dan Masyarakat Pesisir bersinergi untuk melakukan Penanaman Pohon Mangrove di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (09/06/2022).   

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan mengucapkan selamat datang kepada Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Wilayah yang memiliki susur pantai sepanjang kurang lebih 95 kilometer, merupakan wilayah strategis dalam pertahanan laut Indonesia.

“ Selamat datang pada Bapak Danlantamal. Apa yang kita lakukan hari ini merupakan  bagian dari upaya perlindungan pesisir dan pantai. Hal ini karena mangrove memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir. Selain sebagai hunian dari berbagai flora dan fauna pesisir, mangrove juga sebagai perlindungan pertama dari bahaya tsunami, penahan laju erosi dan perangkap sedimen,” paparnya di hadapan yang hadir diantaranya Camat Tanjung Beringin, jajaran TNI, Kades, masyarakat  dan undangan lainnya.

Wabup juga sangat mengapresiasi TNI AL terkhusus Lantamal I Belawan yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Pihaknya siap mendukung penuh kegiatan serupa di seluruh wilayah Kabupaten Sergai.

“ Selain sebagai upaya pembinaan pertahanan wilayah laut, kegiatan ini diharapkan mampu mengedukasi dan memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat, karena kita ketahui mangrove merupakan tempat hewan berkembangbiak,” ujarnya.

Wabup menambahkan jika tanaman mangrove memiliki banyak manfaat jika diolah menjadi bahan makanan dengan baik. Hal ini tentu dapat menambah penghasilan masyarakat yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomiannya, tutup Wabup Adlin.

Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki program dalam bidang pembinaan potensi maritim yaitu Kampung Bahari Nusantara (KBN).

 Di dalam KBN ini, salah satunya menanam mangrove. Kegiatan ini masuk dalam bidang pembinaan wilayah laut. Ini tugas kami, dimanapun berada kami harus bermanfaat untuk masyarakat luas. Kami juga  menargetkan akan menanam 15 ribu bibit pohon mangrove.

“ 5 ribu bibit mangrove dilakukan penanamannya pada tahap awal. Penanaman akan dilakukan secara bertahap hingga puncak pencanangan KBN September mendatang berjumlah 15 ribu bibit,"tambahnya.

Secara khusus ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Sergai yang sudah mendukung kegiatan ini, khusunya yang sudah memperjuangkan Pulau Berhala hingga sertifikatnya dapat keluar. Tentunya perlu pembahasan lebih lanjut agar Pulau Berhala dapat dimanfaatkan secara maksimal," ujarnya mengakhiri sambutan. (MCS/fit)