Kenang Senator Sumut Almarhum WTP Simarmata, Kepala Jamsostek Sidempuan : Beliau Sosok Cerdas dan Bersahaja

17 Juni 2022

 


Medan| Indonesia Berkibar News - Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Padang Sidimpuan DR. Sanco Simanullang, ST., MT., IPM., ASEAN Eng mengenang Almarhum Pdt DR (HC) WTP Simarmata,  yang meninggal dunia di  Rumah Sakit (RS)  Columbia Asia Medan,  pada hari Jumat, tanggal 17 Juni 2022, sore.

Sanco lebih lanjut  mengatakan, WTP Simarmata merupakan sosok cerdas dan bersahaja, serta memiliki integritas yang tinggi.

"Beliau (WTP Simarmata-red) salah seorang Tokoh Batak yang sangat menonjol, seorang sosok yang sangat baik, cerdas, bersahaja dan memiliki integritas yang luar biasa," kata Sanco selepas mengikuti Rapat Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Wilayah Sumbagut Jalan Pattimura kepada Wartawan, Jumat (17/06/2022)

Sanco juga mengucapkan rasa dukacita mendalam, atas meninggalnya mantan Ephorus HKBP itu.

"Setiap jumpa, beliau selalu memanggil Tulang, karena Ibundanya Boru Naibaho dan beliau sangat hormat kepada Tulang nya," jelas Sanco.

Ia juga menilai, WTP Simarmata peduli dengan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, karena pada waktu Ephorus, beliau turut jadi peserta, bahkan memiliki 2 kartu.

"Sebagai Dosen di STT HKBP dan sebagai Ephorus. Dulu sudah pernah mencairkan Jaminan Hari Tua, setelah terpilih sebagai Senator," katanya.

Pada waktu awal menjabat sebagai Senator, WTP Simarmata juga tertarik menjadikan program Jamsostek sebagai salah satu program yang bakal diterapkan.

"Ia Tulang, program Jamsostek merupakan salah satu yang bakal kita jadikan sebagai program kesejahteraan bagi pekerja, " kenang Sanco mengulang pernyataan Almarhum.

"Semoga Ompui Emeritus WTP Simarmata, Amangboruku naburju, diterima disisi Tuhan Yang Maha Pengasih," tutur Sanco yang juga pengurus Pusat Yayasan Kesehatan HKBP yang berkantor di Balige Kabupaten Toba.

Sanco mengajak  agar putra Batak dan  semua pihak dapat meneruskan perjuangan dan meneladani perangai WTP Simarmata.

Sanco juga mengenang saat akan mengikuti Sidang tertutup Doktoral  Jurusan Teknik Industri  Universitas Sumatera Utara, dua (2) tahun silam.

"Saat itu saya  penuh kekuatiran, mau maju sidang tertutup.

Beliau menguatkan saya dan  mendoakan  secara khusus di rumahnya. ini tidak bisa terlupakan. Selamat Jalan Amangboru Naburju," ucap Sanco.

Senator asal Sumatera Utara yang juga mantan Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata meninggal dunia di RS Columbia Medan, Jumat (17/06/2022).

Pdt WTP Simarmata adalah senator peraih suara terbanyak dari Sumatera Utara pada tahun 2019 lalu, dengan 803.638 suara mengungguli seluruh calon DPD yang berjumlah 19 orang.

Kabar meninggalnya Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata disampaikan, Ephorus HKBP, Robinson Butar-butar di akun facebooknya.

Yang berisikan "Horas angka Dongan sudena, Berita duka. Sudah meninggal dunia barusan Ompu i Eph Em. DR (HC) Willem TP Simarmata, MA. 

Kita semua berduka. Tuhan menghibur kita semua. Robin, Ephorus HKBP," pungkas Sanco Simanullang. (TS)