Raih Growth Terbaik Tahun 2022, Jamsostek Apresiasi PT Agincourt Resources

7 Juni 2022


Padang Sidimpuan |  Indonesia Berkibar News -
BPJS Ketenagakerjaan Kantor  Cabang Padang Sidimpuan, memberikan penghargaan (Awards) kepada sejumlah Perusahaan yang dinilai terbaik dalam penyelenggaraan program Jamsostek, sebagai bentuk implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2021 (Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) dan Undang undang No 24 tahun 2011 tentang BPJS.

PT Agincourt Resources, sebuah perusahaan tambang Emas, berlokasi di Batang Toru Tapanuli Selatan, masuk  dalam kategori Perusahaan Growth Terbaik Peringkat 1 Tahun 2022.

"Dengan ini BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Sidimpuan, memberikan penghargaan kepada PT Agincourt Resources dalam kategori Perusahaan Growth Terbaik Peringkat 1 Tahun 2022. Sukses selalu ," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidimpuan, Sanco Simanullang, di Aula Sopo nauli Office PT Agincourt Resources Batang Toru, Tapsel, Jumat (03/06/2022) sebagaimana keterangan Berita Rilis  diterima  awak media,  hari ini Selasa(07/06/2022).

BPJS Ketenagakerjaan secara rutin, selalu melakukan evaluasi dan memberikan apresiasi terhadap Perusahaan binaan.

"Kami berharap PT Agincourt Resources nantinya, dapat bersaing dalam penghargaan di tingkat Nasional, dalam ajang Paritrana Award," terang Sanco.

Sanco Simanullang yang Alumnus Program Doktor Teknik Industri USU (2019) lebih lanjut mengatakan, pada kegiatan itu turut memaparkan Parameter penilaian, dalam ajang paritrana award, kategori Badan Usaha.

Disebutkan,  Perusahaan dinilai penting memperhatikan kategori penilaian Paritrana Awards.

Salah satunya  program GN Lingkaran (Gerakan Nasional peduli perlindungan pekerja rentan).

GN Lingkaran sendiri, identik dengan CSR Perusahaan, sebagai bentuk kepedulian terhadap pekerja yang tidak mampu membayar iuran.

"Semacam dana CSR atau TJSL dalam melindungi pekerja rentan di wilayahnya, yang merupakan salah satu parameter dalam penilaian paritrana award," ujar Sanco didampingi Kepala Bidang Pemasaran Yuliandi Syahputra dan Account Representative Padang Sidimpuan Yuswiriadi.

Ditambahkannya, Perusahaan Growth terbaik artinya adalah, Perusahaan yang selalu tumbuh dalam sisi iuran, tenaga kerja aktif dan penambahan tenaga kerja. 

Namun, Perusahaan itu juga harus aktif sebagai peserta minimal 5 tahun di BPJS Ketenagakerjaan.

Jamsostek usulkan Dana CSR Agincourt bagi 15.000 Pekerja Rentan Se-Tapsel

Jumlah pekerja yang perlu mendapat perlindungan Jamsostek cukup besar, peran CSR Perusahaan dinilai penting.

"Terdapat 112.158 pekerja rentan yg ada di Tapsel. Sudah kita sampaikan ke Pemkab, namun anggaran terbatas.

Untuk itu perlu kerja sama lewat gotong royong. Salah satunya CSR Perusahaan," tutur Sanco.

"Kita sudah ajukan kepada Manajemen  PT AginCourt,  setidaknya dapat mengcover 15.000 pekerja dengan nilai iuran Rp 3 milyar per tahun. Mohon doa," katanya kepada media.

Lantas jika kontribusi itu terwujud, akan mampu membantu 13,4% pekerja rentan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Ini nantinya akan jadi modal untuk dapat bersaing meraih penghargaan Paritrana Award tingkat Nasional, " ucap Sanco.

Sementara itu General Manager operation PT Agincourt Resources Rahmat Lubis menyambut baik awards dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami sangat senang atas  kedatangan Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan di tempat ini. Kami juga  menyambut baik usulan yang diajukan terkait bagaimana meningkatkan peran Perusahaan, dalam tanggung jawab sosial," kata Rahmat.

Disebutkan, setiap tahun PT Agincourt rutin mengalokasikan dana CSR sebagai bentuk kepedulian sosial, terhadap lingkungan.

"Kami akan pertimbangkan usulan ini dalam Manajemen nantinya. Momennya memang tepat, karena semasa Covid-19, tertunda," jelas Rahmat.

Kendati  selama ini dana CSR dari PT Agincourt fokus kepada pembangunan, pembinaan dan beasiswa, maka tahun ini  akan didiskusikan dengan mempertimbangkan   usulan Jamsostek.

"Tahun lalu kami juga sudah pernah menerima surat dari BPJS Ketenagakerjaan terkait hal ini, dan di tahun ini akan kami upayakan dapat membantu BPJS Ketenagakerjaan nantinya," ujar Sandra V Makadada selaku senior Managemen Human Capital menimpali pembicaraan.

Sebagai Perusahaan yang selalu patuh dalam pelaksanaan Jaminan Sosial, lanjut Sandra, pihaknya  juga akan terus berpartisipasi dalam ajang penghargaan yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan harapannya dapat bersaing di tingkat Nasional. 

Kegiatan yang  dihadiri Rahmat Lubis selaku General Manager Operation, didampingi Sandra Makadada, selaku Senior Manager Human Capital, Srijanto (HR), Elfita (HR), dan 

Anny Nasution (HR) berakhir hingga larut dan diakhiri dengan  ramah tamah. (TS)