Jum'at Bersih Warga Bersama Seluruh Aparatur Desa Tanjung Garbus Kampung

22 Juli 2022


Deli Serdang | Indonesia Berkibar News
- Ringan sama di jinjing berat sama di pikul, Jum'at bersih warga bersama seluruh aparatur desa gotong royong penuh semangat dan hikmat di komandoi oleh Hardono, kepala desa tanjung garbus kampung kec pagar merbau kab deli serdang, pada hari Jum'at (22/07/2022).

Bukan hanya sebuah kata-kata pilosopi, simsalabim, semua menjadi nyata, baru beberapa bulan Hardono, di Lantik menjabat sebagai kepala desa (kades) tanjung garbus kampung sudah bisa menyulap sedemikian rupa sehingga warganya turut giat Jum'at bersih dengan penuh semangat kompak satu sama lain dari dusun l, ll, lll, dan lV. 

Warga desa tanjung garbus kampung, lV dusun terlihat semangat kompak bergotong royong untuk membersihkan lingkungannya dari dusun l ll lll dan lV, ruti terus keliling setiap hari Jum'at, mulai dari rumah ibadah sampai pasilitas umum, seperti masjid, gereja, madrasah, mushola, dan pasilitas lainnya seperti jalan dusun dan jalan desa.

Setiap Jum'at pelaksanaan Jum'at bersih yang di komandoi langsung oleh kades Hardono, bersama anggota BPD, dan LPM, babinkamtibmas, Babinsa, seluruh Kadus, para anggota yang mendapat bantuan PKH dan kadernya, juga para kader PKK, di bantu dengan pemuda karang taruna bina pemuda yang di pimpin oleh ketuanya Putra Wahyu.

Ketika awak media ini mewawancarai Ketua LPM Ramlan di lokasi gotong royong, di dusun ll, iya menuturkan "semejak kades Hardono, menjabat seluruh Kadus dan para elemen masyarakat di undang lalu di adakan rapat untuk membahas tentang perkembangan desanya kedepan" 

Ramlan juga menjelaskan hasil rapat tersebut "di dalam rapat kades Hardono, meinta pendapat kepada seluruh undangan yang hadir agar memberikan inovasi dan partisipasi untuk bermotivasi kemajuan desanya, di akhir rapat di putuskan dan di setujui salahsatunya adalah giat Jum'at bersih bersama-sama" tuturnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Abdul Manaf sarageh, ketika di wawancarai di masjid Nurul Hidayah dusun ll desa tanjung garbus kampung, ketika hendak sholat Jum'at "Saya bersyukur adanya kegiatan Jumat bersih, bersama-sama gotong royong bersih-bersih, bersatu warga dari dusun l ll lll dan lV, yang saya kagumi lagi tidak memandang suku dan agama, memang sangat luar biasa kades Hardono untuk menyatukan warganya" ujarnya sambil tersenyum sembari mengelus elus janggutnya yang panjang.

Kades Hardono, bukan hanya mengomandoi kegiatan Jum'at bersih tersebut akan tetapi juga turut kerja bakti gotong royong bersama warganya memegang alat kerja seperti cangkul golok dan lain-lain, hal itu di lakukan agar dapat berbawur dengan masyarakatnya, sepintas tidak terlihat siapa dan di mana kades tersebut.

Ketika awak media ini menghampiri kades Hardono, yang sedang kerja bakti gotong royong memegang golok dan di pacokan ke anak bambu yang mulai tumbuh di tepi jalan desa, awak media pun bertanya "pak kades mengapa tirut kerja" iya menjawab "kalau saya tidak turut serta berarti saya tidak ikut kerja sama bergotong royong dong, itu bisa menjadi pemicu perbincangan para masyarakat, bahwa saya hanya berjanji doang tapi tidak bisa berbuat" pungkasnya.


Kades juga menambahkan "sebagai seorang pemimpin desa harus bisa bekerja sama dengan warganya dan elemen masyarakat lainnya agar kita bisa lebih dekat dengan warga, kalau kita jauh dengan warga mereka juga akan menjauh dari kita, coba seandainya kita bertetangga kalau tidak mau tau satu sama lain apa jadinya itu hanya sebagai contoh kecilnya" imbuhnya pak kades dengan muka merah padam karena teriknya matahari.

Babinkamtibmas Bripka Toyib Lubis, juga ikut andil Jum'at bersih di wilayah kerjanya, sebagai kepedulian untuk kerjasama dengan pemerintah desa tanjung garbus kampung, hal itu di lakukan sebagai bukti polisi bersinergi dengan pemerintah desa, agar polisi dekat dengan masyarakat dan dapat terwujud masyarakat bisa tenang aman dan nyaman sesuai harapan bapak Kapolri jenderal polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.si. (Nurdin)