Ketua PPIH Abd Amri Sirega : Seluruh Jemaah Haji Akan Di Swab Setelah Tiba di Tanah Air

21 Juli 2022

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Seluruh jamaah haji yang tiba di Tanah Air akan dilakukan swab antigen.Ini sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan adanya jamaah yang terpapar Covid-19.

Hal disampaikan  Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Abd Amri Siregar yang juga Ketua Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, didampingi Kabid Kesehatan PPIH, Jefri HS,Kabid Keamanan PPIH Ali Usman, Kabid Pemulangan PPIH, Torang Rambe, Koordinator Humas, Muhammad Yunus.

Disebutkan Abd Amri, seluruh jamaah haji yang akan masuk ke Asrama Haji (Ahmed) Medan akan dilakukan swab antigen terlebih dahulu. Sebelumnya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Hal ini sesuai peraturan dari Kementerian Kesehatan dimana saat ini masih dalam suasana Covid-19. Sehingga seluruh jamaah yang pulang dari Tanah Suci wajib dilakukan swab antigen,” kata Amri usai melakukan pengecekan bersama tim PPIH, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan dan juga petugas pengamanan dari kepolisian di Asrama Haji Medan, Kamis (21/07/2022).

Sejauh ini, sambung Amri pihaknya telah siap untuk menyambut kedatangan jamaah haji asal Sumut. Dimana jamaah kloter pertama akan tiba mulai 23 Juli dan berakhir pada 1 Agustus .

Kalau jemaah sekiranya harus menginap karena kondisi penerbangan, kami masih tetap mengakomodirnya,” ungkapnya.

Kabid Kesehatan PPIH, Jefri HS, menyebutkan pemeriksaan Swab Antigen jamaah nantinya akan dilakukan di Aula Madinatul Hujjaj.

Hasilnya akan keluar 10-15 menit setelah dilakukan swab.

“Ada 16 petugas kesehatan yang kita turunkan,.sisi kanan ada 8 dan sisi kiri ada 8 orang.

Sehingga jamaah haji tidak akan menunggu lama dalam melakukan test antigen.

Bagi jemaah yang misalnya mendapatkan hasil positif kita akan pindahkan ke klinik untuk dibawa periksa PCR.

Terkait untuk isolasi masih kita bicarakan lebih lanjut, namun bila ada yang positif akan kita lapor ke BPBD Sumut,” urainya.

Dalam kesempatan yang sama ditambahkan Kabid Keamanan PPIH ,Akbp Ali Usman, untuk diwajibkan bagi jemaah haji dan juga keluarga yang hadir menerapkan protokol kesehatan.

“Wajib menggunakan masker. Keluarga yang menjemput juga kita batasi mengingat saat ini kasus Covid-19 tengah melonjak meski di Pulau Jawa. Sehingga kami minta kerjasamanya dari pihak keluarga dan tidak menyulitkan panitia.

“Bukan kami membatasi tapi memang situasi kita masih pandemi Covid-19,” sebut Akbp Ali Usman.

Terpisah pelaksana harian kepala Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji Medan,H. Irwansyah yang ditemui menyebutkan, seluruh kekuatan karyawan UPT Asrama Haji dikerahkan ikut membantu kelancaran kedatangan dan kepulangan jemaah haji dari Asrama Haji Medan,ada 70.orang,,ucapnya. (torong)