Pemkab Bener Meriah Lakukan Vaksinasi Ternak

23 Juli 2022

  


Bener Meriah | Indonesia Berkibar News -Penyakit Muut dan Kuku (PMK)  adalah penyakit yang terjadi pada hewan dan penularannya bersifat akut yang harus kita waspadai serta  penyebarannya juga  sangat cepat.

Untuk mengantisipasi PMK itu, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah melakukan vaksinasi perdana kepada hewan ternak masyarakat khususnya Kelompok Tani  Singkite Ara, Kampung Bumi Ayu, Kecamatan Timang Gajah. Sabtu (23/07/2022).

Pelaksanaan Vaksinasi PMK pada Kelompok Tani  Singkite Ara, Kampung Bumi Ayu, Kecamatan Timang Gaja dilakukan oleh Asisten II Sekdakap  Sofyan yang juga berlatar belakang dokter hewan dan disaksikan langsung oleh Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga.

Seusai pelaksanaan vaksinasi tersebut, Pj Bupati Haili Yoga menyamapaikan, vaksinasi ini dilakukan dalam rangka pencegahan PMK pada ternak secara khusus dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah, seprti kita tau, ada sebagian daerah di Provinsi Aceh ini yang sudah terjangkit  dengan PMK ini, jelasnya.

“Alhamdulillah, untuk Kabupaten Bener Meriah PMK belum ada, namun demikian kita perlu tetap waspada, dan Kabupaten Bener Meriah termasuk kedalam  zona hijauh dalam penyakit PMK ini,” tegas Haili Yoga.

Dilanjutkan PJ. Bupati, walaupun kita termasuk dalam zona hijau, namun kita tidak boleh lengah, caranya pemerintah daerah bergerak cepat dalam mengantisipasi penyakit mulut dan kuku diwilayah Bener Meriah seperti vaksinasi yang dilakukan hari ini, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Haili Yoga juga menghimbau kepada Kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah pada penyebaran PMK ini, untuk sementara waktu, sebaiknya tidak masuk terlebih dahulu ke wilayah Bener Meriah, untuk mengantisipasi penularan PMK di daerah itu.

Disamping untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah daerah juga telah mendirikan  pos chek point di setiap pintu masuk ke Kabupaten Bener Meriah.

Yaitu di Km 35 perbatasan Kabupaten Bireuen, Buntul Kemumu Kecamatan Permata yang berbatasan dengan Kabaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe serta pos Merie Satu yang berbatasan dengan Kabupaten Aceh Tengah, jelasnya.

Disamping itu Haili Yoga  juga menghimbau kepada masyarakat khususnya pemilik ternak untuk dapat mengecek kesehatan ternaknya, dan memberikan vaksinasi hewan ternaknya agar penyakit PMK.

Dan apa bila ada gejala – gejala kea rah PMK bisa segera melaporkan kepada pihak terkait seperti Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah dan lainnya, dengan demikian PMK ini dapat dicegah secara dini, harapnya.

Tampak hadir dalam vaksinasi perdana tersebut diantaranya, Plt. Sekda Armansyah, Kadis Kesehatan Abdu Muis, Kadis Perhubungan Abdul Gani, Plt. Kasatpol PP dan WH, Kabag Ops Polres Bener Meriah, Kompol Syabirin, SH, MSi, jajaran Kodim 0119/BM, Camat Timang Gajah beserta unsur Forkopimcan, para nakes dan lainnya. (hamdani/torong)