Bupati Batu Bara Zahir Canangkan Desa Sumber Tani Sebagai Desa Cantik

19 Agustus 2022


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -
Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., mencanangkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Jumat (19/08/2022).

Kegiatan yang berlangsung di rumah Kepala Desa Sumber Tani Sudirman, dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara Nurul Hasanudin, Kepala BPS Batu Bara Ir. Gloria Ebenhaezer, Asisten I Rusian Heri, Kepala Dinas PMD, Camat se-Kabupaten Batu Bara, dan para Kepala Desa.

Desa Cantik adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Bupati Zahir menyebutkan bahwa program Desa Cantik diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Batu Bara. Tahun 2022 ini, Desa Sumber Tani dipilih untuk mengikuti kompetisi Desa Cantik tingkat Nasional. 

“Saya mangajak seluruh OPD dan jajaran BPS, khususnya BPS Kabupaten Batu Bara untuk memberikan dukungan dalam menyukseskan Desa Cinta Statistik,” ujar Zahir.

Desa Cantik secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan, dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahtraan masyarakat. 

Selain itu juga untuk pengembangan pendataan yang sesuai dengan potensi desa (kearifan lokal), implementasi pemanfaatan data dalam kebijakan pembangunan desa, dan peningkatan literasi statistik Masyarakat Desa. (torong)