Bupati Nias, Ya’atulo Gul Resmikan Kampung Pancasila Kecamatan Sogaeadu

30 Agustus 2022

  


Nias | Indonesia Berkibar News  -Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Nias, dalam hal ini Bupati Nias, Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si, resmikan Kampung Pancasila Kecamatan Sogaeadu Kabupaten Nias Tahun 2022 bertempat di Balai Pelatihan Desa Sogaeadu, Jl. Produksi Desa Sogaeadu, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.di kutip di niaskab.go.id. Selasa (30/08/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan Laporan Tim Pelaksana Danramil 02 Gido yang mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari pembentukan Kampung Pancasila ini adalah untuk menjaga keutuhan ideologi pancasila di dalam kehidupan masyarakat.

Dalam arahannya Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si menyampaikan, Pancasila adalah dasar negara, dan merupakan harga mati yang tidak tergantikan.

“Agar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi, maka desa/kampung didorong untuk menjadi kampung Pancasila sebagaimana yang kita resmikan hari ini” jelas Yaatulo

Ia juga memberitahu jika pembentukan kampung pancasila ini bermanfaat sebagai media pembelajaran pancasila bagi segenap warga masyarakat, semakin menumbuhkan kerukunan hidup antar masyarakat yang majemuk, menanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan pancasila, menghargai jasa-jasa para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan pancasila sebagai dasar negara.

Ditambahkan bahwa, Kondisi masyarakat Kabupaten Nias yang sangat beragam dari sisi suku, agama dan budaya dapat menjadi alat pemersatu untuk bersama-sama berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Nias pada umumnya dan secara khusus di wilayah Kecamatan Sogaeadu sebagaimana visi pemerintah Kabupaten Nias, yakni “Kabupaten Nias Maju”

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias berharap agar tetap menerapkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dalam bingkai kebhinekaan sehingga dapat tercipta kehidupan yang aman, damai dan sejahtera.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD, Forkopimda Kabupaten Nias, Dandim 0213 Nias, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Nias, Forkopimcam Sogaeadu, Kepala UPTD Puskesmas se-Kecamatan Sogaeadu, Kepala Desa se-Kecamatan Sogaeadu, Ketua BPD dan Perangkat Desa se-Kecamatan Sogaeadu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan TP. PKK se-Kecamatan Sogaeadu, Pimpinan Ormas/Kepemudaan se-Kecamatan Sogaeadu, dan Seluruh Hadirin. (SJN/torong)