Bupati Zahir Hadiri Parade dan Gebyar Berkebaya Provinsi Sumut

28 Agustus 2022

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., menghadiri Parade dan Gebyar Berkebaya Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Lapangan Benteng Medan, Minggu (28/08/2022) pagi.

Bupati Zahir hadir didampingi Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Radiansyah beserta Tim Penggerak PKK setiap kecamatan di Batu Bara.

Parade dan Gebyar Berkebaya yang diprakarsai oleh ibu-ibu Bhayangkari Sumut, ibu-ibu Persit Kartika, Angkatan Laut, Majelis Taklim Halimah Sumut serta DPP RKLA diikuti sekitar 15 ribu peserta dari berbagai kabupaten/ kota di Sumatera Utara.

Parade dan Gebyar Berkebaya ini juga berkolaborasi dengan Komunitas Perempuan Peduli Sumatera Utara (KPPSU), Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Sumut, Perempuan Indonesia Maju, serta IWAPI Sumut, yang memiliki komitmen bersama untuk memperkenalkan pakaian khas Indonesia ke mancanegara.

Ketua Umum Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Bunda Indah mengatakan, Parade dan Gebyar Berkebaya ini untuk mendukung program Kebaya Goes to UNESCO yang sangat kental digunakan oleh wanita Indonesia diberbagai acara. 

"Kebaya sangat kental dengan budaya Indonesia, yang dapat dipadu-padankan dengan sarung khas suku seperti tenun songket, ulos dan lain sebagainya,” ucap Bunda Indah

Sementara itu, Ketua PBI Sumut Syafitri Elisabeth Tambunan mengatakan, acara parade ini untuk menunjukkan jati diri perempuan Indonesia serta menaikkan citra kebaya sebagai peninggalan budaya asli Indonesia. (torong)