Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Raker DPRD Kota Medan

29 Agustus 2022

Medan I Indonesia Berkibar News - Seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan diminta untuk segera merespon dan menindaklanjuti laporan hasil rapat kerja (raker) DPRD Kota Medan. Dengan demikian, diharapkan permasalahan pembangunan yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara dapat diatasi sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H Aulia Rachman saat hadir di Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Raker DPRD Kota Medan di Gedung DPRD Medan, Senin (29/8). Selain Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, rapat paripurna juga diikuti sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

Dalam mengatasi permasalahan pembangunan kota, kata Aulia, perlu adanya kolaborasi dan sinergi seluruh pihak, termasuk kolaborasi antar lembaga. Oleh karenanya, Aulia berharap kolaborasi antara eksekutif dan legislatif, kebersamaan serta partisipasi yang luas dari seluruh pemangku kepentingan kota harus terus terbangun dan dioptimalkan.

"Kami yakin dengan kolaborasi dan kemitraan yang kokoh antara eksekutif dan legislatif mampu mewujudkan visi dan misi pembangunan kota sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan Tahun 2016-2021," kata Aulia Rachman.

Atas nama Pemko Medan , Aulia Rachman selanjutnya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penyampaian laporan hasil raker DPRD Kota Medan tersebut. Oleh karenanya, imbuhnya, Pemko Medan akan berusaha untuk dapat menindaklanjuti dan melaksanakan hasil laporan raker yang telah dilaksanakan DPRD Medan tersebut.

"Raker yang telah diselenggarakan oleh DPRD Kota Medan adalah merupakan salah satu bentuk tri fungsi dewan yaitu fungsi pengawasan, fungsi penganggaran dan fungsi pembentukan Perda. Hasil raker ini juga sangat strategis dan merupakan salah satu wujud nyata dari aspirasi masyarakat yang diwakilinya," imbuhnya.

Terakhir, Aulia yakin dan percaya bahwa seluruh hasil yang disampaikan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup sosial, ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Kota Medan. "Selain itu juga untuk mewujudkan Medan yang berkah, maju dan kondusif," pungkasnya.

DPRD Kota Medan sebagai mitra strategis pemerintah Kota Medan merupakan perwakilan dari warga Kota Medan yang telah diberikan amanah untuk dapat melaksanakan fungsi baik pembentukan perda, penganggaran, maupun pengawasan sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat lebih aspiratif dan berkelanjutan serta membawa kemajuan kota medan dan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh warga kota medan sehingga visi “Mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif" dapat diwujudkan, Ujar Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE.

“ Saya harapkan semoga dalam Hasil reses ini melalui penyampaian paripurna tersebut dapat memberikan dampak positif dalam Pembangunan dan Kemajuan Kota Medan untuk Mensejahterakan Warga Kota Medan “ Jelasnya.

Hasyim juga menambahkan saat ini geliat kehidupan masyarakat, pelaku ekonomi bisnis, pendidikan dan berbagai sektor kehidupan terasa mulai bangkit pasca pandemi covid-19.

“Sebagai lembaga kerakyatan, DPRD Kota Medan, mesti mampu merasakan denyut nadi masyarakat, tanggap akan kebutuhan mereka, sembari melakukan pendampingan untuk bersama-sama bangkit dan keluar dari hantaman covid-19, mendorong dan mendukung pemerintah kota medan untuk tetap proaktif mensejahterakan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di berbagai sektor melalui OPD-OPD Terkait” Jelas Hasyim pada Sidang Paripurna rapat kerja pimpinan dan Anggota DPRD Kota Medan Tahun 2022.

Hasyim Menambahkan Upaya Pemulihan Pada Berbagai Sektor Pasca Pandemi Covid-19 Serta Sistem Digitalisasi Menjadi Momentum Strategis Penguatan Peran Dewan Melalui Program Kerja DPRD Kota Medan.

Adapun Target Dan Tujuan Dari Kegiatan Ini Adalah Optimalisasi Peran Dan Fungsi DPRD Kota Medan, Meningkatkan Kompetensi, Kapabilitas, Dan Integritas Dprd Kota Medan Untuk Bangkit Bersinergi Mewujudkan Kota Medan Yang Berkah, Maju Dan Kondusif Melalui Program Kerja Dengan Sasaran Optimalnya Peran Dan Fungsi Dprd Dalam Mendukung Terwujudnya Kota Medan Yang Berkah, Maju Dan Kondusif.

Manfaat rapat kerja DPRD kota medan ini adalah mengoptimalkan peranan DPRD kota medan dalam melaksanakan trifungsi yakni pembentukan perda, penganggaran, dan pengawasan serta meningkatkan efektivitas komunikasi dan koordinasi dalam pembangunan kota medan guna mendukung terwujudnya kota medan yang berkah, maju dan kondusif.

Demikian Laporan Hasil Kegiatan Rapat Kerja Pimpinan Dan Anggota DPRD Kota Medan Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Program Kerja DPRD Kota Medan Tahun Anggaran 2023 Yang Dilaksanakan Pada Tanggal 17 Sampai Dengan 19 Juli 2022 Bertempat Di The Hills Hotel And Resort Sibolangit, Deli Serdang Ini Disampaikan, Dengan Harapan Hasil Program Kerja Tahun 2023 Ini Dapat Menjadi Bagian Yang Tidak Terpisahkan Dalam Pencapaian Visi Misi Pembangunan Kota Medan.

Turut hadir Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Pimpinan DPRD Kota Medan, Para Anggota DPRD Kota Medan serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. (Adv)