PDAM Tirtanadi Tanam Ratusan Bibit Pohon di Sibolangit

12 Agustus 2022


Sibolangit | Indonesia Berkibar News -
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara melakukan penanaman 300 bibit pohon di daerah tangkapan air Sibolangit, Deliserdang, dalam upaya menjaga kelestarian sumber air.

Secara simbolis penanaman bibit berupa pohon durian, pohon akasia dan ketapang dilakukan Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Fauzan Nasution, Dewan Pengawas dan Forum Wartawan Tirtanadi, Rabu (12/08/2022), di Sibolangit, Deliserdang.

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Fauzan Nasution mengatakan kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun untuk menjaga kelestarian air baku yang ada di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sibolangit.

"IPA Sibolangit adalah IPA yang pertama dimiliki PDAM Tirtanadi mulai tahun 1905 dengan kapasitas 600 liter per detik yang disuplai dari tiga desa yaitu Desa Sibolagit, Desa Laubeng Klewang dan Desa Sumbul," katanya.

Menurut Fauzan, keberadaan sumber air di Sibolangit tersebut snagat penting, karena jika berkurang akan sangat berdampak pada berkurangnya pendistribusian air ke Kota Medan.

"Inilah yang tetap kita jaga agar catchment area debit air kontinuitas atau berkesinambungan 600 liter per detik tetap terjaga," katanya.

Sementara Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Silmi, juga menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan penanaman bibit pohon tersebut.

Pada kesempatan itu, Silmi juga mengungkapkan bahwa Dewan Pengawas sudah melakukan peninjauan ke sumber aie di Rumah Sumbul, disana banyak sekaku sumur-sumur resapan air yang dapat dikelola.

"Cobalah digali lagi sumur-sumur resapan air itu. Kami sudah berjalan sepanjang jalur transmisi itu," kata Silmi.(torong)