Bupati Nias Barat Menerima Kedatangan Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako

6 September 2022

  


Nias Barat | Indonesia Berkibar News  -Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu  menerima  kedatangan Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako  Kabupaten Nias Barat diruang kerjanya, Selasa (06/09/2022).

Khenoki Waruwu, dalam sambutan menyampaikan bahwa, sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Camat bersama dengan Panitia telah bekerja dalam mewujudkan harapan Pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam agenda Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako yang selama ini bergabung diwilayah Pemerintahan Kecamatan Sirombu Dan secara khusus kepada keluarga penghibah tanah, atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Barat mengucapkan terima kasih, dan kiranya Tuhan selalu memberkati keluarganya, Amin.

Bupati Nias Barat menambahkan  bahwa, sebagaimana arahan  sebelumnya telah berulangkali disampaikan tujuan pemekaran wilayah Kepulauan Hinako, tidak lain adalah mewujudkan harapan masyarakat itu sendiri, dimana ketertinggalannya dalam perhatian pembangunan diberbagai bidang, termasuk menghilangkan image bahwa Kepulauan Hinako bukanlah Desa Siluman ucapnya.

Kekhawatiran sebagian masyarakat akan perpindahan aset yang sudah dibangun selama ini didaratan Sirombu, menegaskan tidak akan berpindah tangan, termasuk aset pemerintah Desa dan Dusun”, tegasnya

Ia juga memberitahu jika Kepulauan Hinako memiliki kejayaan pada masanya yang kaya akan perkebunan kelapa kopra dan cengkeh berkualitas, kaya berbagai hasil laut, memiliki gugusan pulau nan indah, wajah asri dan pulau pariwisata serta kaya ragam budaya.

Jika ada sebagian masyarakat meragukan atas usul pemekaran dimaksud, mari kita tepis dan kita jadikan motivasi, baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Kecamatan Sirombu bersama Panitia Pemekaran. Mari kita optimis bahwa, pemekaran kecamatan tersebut adalah kebaikkan dan kepentingan kita bersama dan untuk generasi berikutnya

Sementara  Camat Sirombu menjelaskan kedatangannya bersama dengan Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako melaporkan hasil amanat tugas yang telah dimulai sejak beberapa bulan lalu, dimana 10 Desa dari 12 Desa telah setuju dan sepakat memekarkan Kecamatan Kepulauan Hinako dengan dibuktikan dalam bentuk Berita Acara.

Turut  hadir pada kunjungan tersebut antara lain : Camat Sirombu, Mesrawani Zalukhu, S.AP, perwakilan Keluarga penghibah tanah, Herlina Zebua, alias Ina Nathan Maruhawa, Panitia Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako, Ketua, Demitrius Marunduri; Sekretaris, Ridho Uglisa Maruhawa, S.KM; Bendahara, Muh. Azwin Marunduri, S.Pd, Kepala Desa Hanofa, beserta beberapa koordinator Panitia Pemekaran. (SJN/torong)