Kepala BPIP RI Berkunjung Ke Kabupaten Dairi, Melakukan Dialog Kebangsaan Implementasi Nilai Nilai Pancasila

19 September 2022


Sidikalang | Indonesia Berkibar News -
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Prof, Drs,KH Yudian Wahyudi ,MA,Ph.D lakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi, Senin (19/09/2022).

Kehadiran Kepala BPIP RI disambut dengan baik oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu di dampingi oleh Sekretaris Daerah Budianta Pinem dan Unsur Forkopimda di Pendopo Bupati Dairi.

Kehadiran Yudian Wahyudi bersama dengan rombongan diagendakan untuk mengikuti dialog kebangsaan Implementasi nilai-nilai pancasila di Kabupaten Dairi yang diadakan di aula SMK Negeri 1 Sidikalang.

Namun, sebelum melanjutkan kegiatan tersebut, Ia bersama rombongan dijamu makan siang oleh Bupati dan ramah tamah di pendopo.

Usai ramah tamah, Eddy Berutu mengatakan dalam peningkatan aktualisasi Pancasila, pembinaan ideologi Pancasila dipandang perlu secara sistematis yang pada akhirnya berlanjut kepada elemen masyarakat.

Pancasila sebagai sumber kekuatan utama bangsa Indonesia Ia katakan yang harus di jaga.

Perspektif ke depan pemerintah ditantang harus pro kepada rakyat, Kabupaten Dairi dianugerahi lahan yang sangat luas, sehingga diyakini untuk menjadi lumbung pangan dalam menangani inflasi.

" Beberapa diantaranya Desa Paropo di Silahisabungan akan diputuskan menjadi pusat sentra bawang di Parbuluan akan dicanangkan sebagai lahan komoditi untuk bawang cabai dan kentang. Hal ini menjadi bukti aktualisasi nilai-nilai Pancasila," ungkap Eddy Berutu.

" Semoga pertemuan ini bisa membuat kita semakin kuat khususnya di Dairi sehingga potensi yang ada di Dairi bisa mensejahterakan masyarakat," ujar Bupati Dairi.

Sementara pemaparan Wahyudi yudian bercerita bahwa Indonesia merdeka wajib menjaga Pancasila sebagai lambang serta ideologi negara .

Karna pada hakekat nya bangsa Indonesia adalah bangsa yang berani, kekalahan Indonesia pada jaman dahulu karna teknologi militer ,penjajah pada masa itu sudah pakai bedil(senjata laras panjang)sementara Indonesia pakai keris,bambu runcing,dan senjata sajam lainnya.

Kepala BPIP RI dalam dialog kebangsaan menegaskan proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah yang terbaik sepanjang sejarah. Yudian katakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, hebat, dengan persatuan dan kesatuan, generasi penerus akan membangun bangsa ini.

" Tugas BPIP sangat mulia karena terdepan dalam merawat Pancasila. Perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Dairi yang siap bekerjasama dengan BPIP," tutur Whyudi Yudian.

Masih kata Yudian, dalam membangun bangsa salah satunya adanya dengan pembentukan dimana Pancasila sebagai pimpinan ideologi.

Dari informasi yang diperoleh, Ia sangat mengapresiasi Kabupaten Dairi yang bekerjasama dengan TNI, karena telah mendirikan 5 kampung pancasila.

" Mari tingkatkan minat dan bakat, tingkatkan keBhinekaan untuk kemajuan bangsa. Saya mewakili lembaga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas sambutan yang luar biasa ini," ujar Kepala BPIP.

Dalam dialog kebangsaan tersebut, hadir Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso, Wakil Ketua DPRD Dairi Halvensius Tondang, Ketua DPC PDIP Dairi Resoalon Lumban Gaol, serta Staf Ahli Bupati Dairi Bidang Pemerintahan, Hukum Leonardus Sihotang. (Mrs)