Kepala Desa Sitino Mencari Solusi Dalam Bantu Permodalan Petani Msayarakatnya

19 September 2022

 


Dairi | Indonesia Berkibar News - Kepala Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi, Olihin Kudadiri berupaya mencari solusi untuk membatu permodalan warganya yang mayoritas petani, Senin (19/09/2022).

Kali ini Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Sitinjo itu menggandeng Bank NBP Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 22 Binjai.

" Saya berupaya berinovasi bagai mana agar masyarakat saya khususnya petani bisa terbantu dari segi permodalan," ucap Olihin saat pertemuan dengan warga di Dusun V Desa Sitinjo.

Olihin Kudadiri menghimbau agar masyarakat Desa Sitinjo memanfaatkan peluang ini sebaik – baiknya.

" Mari manfaatkan peluang ini. Jika uangnya nanti sudah diterima, supaya dimanfaatkan betul – betul untuk keperluan bertani," jelasnya.

Sementara, Armudin Purba, SE, MM Direktur utama Bank BPR NBP 22 Binjai menejelaskan sistem peminjaman kepada warga.

" Kita bisa kasih pinjaman Lima juta tanpa anggunan, tapi untuk pinjaman diatas lima juta pakai anggunan, untuk bunga kita buat sekecil mungkin yaitu 2,25 persen," terang Armudin Purba.

" Misalnya bapak tibu pinjam 5 juta untuk modal tanam jagung, tiap bulan di bayar bunganya, saat panen di bayar bunga terakhir dan pangkal. Itu tentunya sangat membatu petani," jelasnya.

Khusus untuk pinjaman tanpa anggunan diberlakukan sistem tanggung renteng.

" Untuk yang meminjam dalam satu kelompok, Jika ada anggota kelompok yang bermasalah, maka anggota kelompok yang lain ikut bertanggung jawab," sampainya.

" Manfaatkanlah pinjaman itu sebaik – baiknya, dan betul – betul dipertimbangkan. Jika itu kita lakukan dipastikan kita tidak mengalami kerugia," pesan Armudin Purba.

Juniedi Sinuhaji, S.Kom direktur operasional BPR NBP 22 Binjai menyampaikan hal serupa.

" Manfaatkanlah dana yang diberi oleh bank semaksimal mungkin untuk membangkitkan ekonomi kita, Pinjaman Jangan dipergunakan untuk keperluan lain. Misalnya uang pinjaman dibuat untuk hal yang tidak penting," ungkap Juniedi Sinuhaji.

Warga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kepala Desa meski baru menjabat.

" Kami warga mengucapkan terimakasih atas program yang digiring oleh kepala desa ke kampung kami, terimakasih juga pak Kades sudah turun langsung untuk membantu permodalan warga. Kami merasa sangat terbantu," ucap Aripin Boangmanalu. (Mrs)