Bupati Zahir Sambut Kedatangan Lima Nelayan Batu Bara Yang Ditahan di Thailand

15 Oktober 2022

 


Batu Bara | Indonesia Berkibar News - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP., menyambut kedatangan 5 dari 6 orang nelayan Batu Bara di Bandara Internasional Kualanamo, Kecamatan Deli Serdang, Sabtu (15/10/2022) malam. Sebelumnya para nelayan tersebut ditangkap di Thailand karena memasuki perairan Thailand saat mencari ikan.

Ikut mendampingi Bupati Zahir Ketua Kadin Batu Bara OK Faizal, Kadis Perikanan dan Peternakan Antoni Ritonga, Kadis Ketenagakerjaan Perindustrian dan Perdagangan Buhari Imran, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Batu Bara Safri Habni, dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Batu Bara Mukhrizal Arif serta para keluarga ke lima nelayan tersebut

Sebelum diantar kerumah mereka masing-masing, terlebih dahulu kelima nelayan ini ditepung tawari oleh Bupati Zahir sebagai sambutan kedatangan mereka yang pulang dengan keadaan sehat.

Menurut Bupati Batu Bara Zahir, sebelumnya kelima nelayan tersebut pada bulan Juli lalu ditangkap karena kapal pencari ikan mereka memasuki perairan Thailand.

Pihak Pemerintah Kabupaten Batu Bara bekerjasama dengan pihak terkait diantaranya Pemerintah Provinsi Sumut, Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Kelautan dalam pengurusan pemulangan para nelayan. Namun satu diantaranya merupakan nakhoda kapal belum dapat pulang karena masih menjalani hukuman di Thailand.

“Berkat kerja sama semua pihak, akhirnya hari ini dari enam orang ada lima yang kembali. Untuk nakhodanya masih menjalani proses hukum di sana dan itu pun tetap dipantau oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan, Pemerintah Provinsi Sumut, dan Pemkab Batu Bara agar nantinya bisa selesai menjalankan masa hukumnya dan bisa Kembali lagi ke Kabupaten Batu Bara,” imbuh Bupati Zahir.(torong)