Diskominfo Dairi Menggelar Sosialisasi Aplikasi Mykuta, dan Diikuti 15 Desa

27 Oktober 2022

 




Sidikalang | Indonesia Berkibar News
- Sebanyak 15 Desa Percontohan di Kabupaten Dairi mengikuti sosialisasi aplikasi Mykuta yang digelar di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi.

Kegiatan dalam rangka mewujudkan program gerakan bangun desa unggul mandiri dengan fokus desa digital dilaksankan di ruang media center Diskominfo, Kamis (27/10/2022).

Kepala Diskominfo Dairi, Aryanto Tinambunan SP, M.Si mengatakan,  aplikasi Mykuta ini adalah sebuah aplikasi digital milik Dairi yang sengaja diciptakan untuk pelayanan administrasi kemasyarakatan berbasis online,  menciptakan pasar desa online dan website desa. 

Ia mengatakn bahwah MyKuta hadir untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus segala keperluan administrasi, jadi masyarakat tidak perlu ngantri dalam mengurus keperluannya.

Selain itu, juga untuk mempermudah masyarakat dalam memperjual belikan produk desa secara online, serta desa akan menyampaikan informasi publik melalui website tersendiri. 

" Gerakan bangun desa unggul mandiri ini merupakan prioritas pembangunan kepala daerah, yaitu Bupati-Wakil Bupati Dairi, Dr. Eddy keleng Ate Berutu-Jimmy AL Sihombing," kata Aryanto.

Artanti menambahkan, terkait hal ini, Bupati meminta agar segera diwujudkan di setiap desa, jadi masyarakat terlayani dengan baik dan ini salah satu gerakan untuk mewujudkan perubahan menuju Dairi unggul. Sebagai pilot project dalam program Mykuta ini, peserta sosialisasi akan langsung mempelajari bagaimana cara penggunaan Mykuta.

"Para peserta akan dibimbing oleh tim IT sampai mahir, sehingga ketika kembali ke desa sudah bisa menggunakan layanan digital administrasi desa yang cepat, mudah dan transparan melalui aplikasi Mykuta ini," ujar Aryanto. 

Disebutkan Aryanto, untuk saat ini ada 15 desa yang mewakili Kecamatan masing-masing untuk menjadi pilot project Mykuta, yaitu Desa Batu Gungun Kecamatan Gunung Sitember, Desa Jambur Indonesia Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Desa Pasi Kecamatan Berampu, Desa Sitinjo I Kecamatan Sitinjo, Desa Onan Lama Kecamatan Pegagan Hilir, Desa Parbuluan IV Kecamatan Parbuluan, Desa Tigalingga Kecamatan Tigalingga,

Selanjutnya Desa Silalahi I Kecamatan Silahisabungan, Desa Pegagan Julu IV Kecamatan Sumbul, Desa Silumboyah Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Desa Buntu Raja Kecamatan Siempat Nempu, Desa Lae Parira Kecamatan Lae Parira, Desa Siboras Kecamatan Silima Pungga-pungga, Desa Bintang Kecamatan Sidikalang, dan Desa Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem. (Mrs).