KPw BI Sumut Doddy Zulverdi: Minta Wartawan Tetap Bersinerji BI Perwakilan Sumut

15 Oktober 2022


Samosir | Indonesia Berkibar News -
Dalam hal mewujudkan efektifitas dan transparansi informasi publik, Bank Indonesia memberikan semua informasi yang relevan kepada publik terutama terkait perkembangan ekonomi terkini dan implementasi kebijakan Bank Indonesia secara terbuka, jelas, dan tepat waktu. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran serta rekan-rekan media khususnya wartawan ekonomi dan bisnis Kota Medan yang menjadi mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. 

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera utara (KPw BI Sumut) Doddy Zulverdi dalam acara Capacity Building Wartawaan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan, di Samosir Cottages & Resort Sabtu (15/10/2022).

Penylenggaraan Capacity Building tahun ini mengusung tema “Wujudkan Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan yang Profesional Melalui Digitalisasi”. Tema ini dipilih sebagai upaya untuk senantiasa mendukung kompetensi wartawan agar dapat terus meningkatkan kualitas pemberitaan dan memperkaya informasi, pengetahuan, dan ilmu para rekan wartawan khususnya terkait dengan isu-isu terkini. Besar harapan kami melalui kegiatan ini dapat memperkuat pesan-pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat.


Capacity building ini juga diharapkan sebagai media refreshment bagi rekan wartawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Harapannya dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat bermanfaat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan rekan-rekan dan memberikan banyak pemberitaan yang bersifat edukatif dan informatif bagi publik.

Secara umum akan ada 2 topik pembelajaran yang akan diberikan kepada rekan-rekan media sebagai peserta capacity building yaitu:

Topik pertama terkait “Digital Ekonomi: Peran Wartawan dan Perkembangan Digitalisasi Sistem Pembayaran dalam Praktek Saat Ini”, yang akan disampaikan oleh Bapak Difi Johansyah (Komisaris Utama PT Finnet Indonesia), sebagai salah satu pelaku pada Digital Payment.

Topik kedua terkait “Economics Writing: Teknik Menulis Berita yang Menarik untuk Wartawan Ekonomi dan Bisnis”, yang akan disampaikan oleh Bapak Qaris Tajudin (Direktur Tempo Institute), sebagai salah satu media terkemuka nasional.

Kami berharap rekan-rekan media tetap bersinergi dengan BI Perwakilan Sumut.Wartawan bisa  memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh informasi dan pengetahuan secara optimal.

Mengutip narasi yang disampaikan oleh Edward Bulwer Lytton, seorang novelis yang sangat populer asal London, yang mengemukakan bahwa “Pena lebih tajam dari pada pedang”. Sehingga apapun yang ditulis oleh rekan-rekan wartawan sekalian sangat penting, perlu dipikirkan dengan baik terkait informasi yang dipaparkan, karena berbagai informasi tersebut dapat mempengaruhi ekspektasi dan perilaku publik. 


Kami berharap para mitra wartawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dapat terus menghasilkan pemberitaan yang berkualitas, informatif, dan edukatif bagi publik untuk turut membantu mengembangkan kapasitas SDM nasional yang Unggul dan berkualitas menuju terwujudnya Indonesia maju.

Kami mengucapkan selamat mengikuti kegiatan capacity building hari ini.  Semoga Allah SWT meridhoi dan membuka segala pintu kebaikan agar kita dapat memperoleh segala ilmu hari ini dengan mudah dan lancar. 

Selanjutnya pelatihan dari narasumber Ir Difi Ahmad Johansyah Komisaris Utama PT Finnet Indonesia, Tommy Asikin dan Qaris Tajudin Direktur Institute Tempo,  Deputi Direktur BI Sumut Poltak Sitanggang.  (irwan torong)