MENDUKUNG PENINGKATAN SUMBER DAYA UNGGUL,INALUM BERIKAN BANTUAN BEASISWA KEPADA 672 PELAJAR SE-KAWASAN DANAU TOBA BEKERJASAMA DENFAN KMDT

28 Oktober 2022




Porsea | Indonesia Berkibar News -
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM melalui program sosial pendidikan menyalurkan bantuan beasiswa kepada 672 orang pelajar se-kawasan Danau Toba. Penyaluran bantuan beasiswa ini merupakan kerjasama INALUM dengan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT). Acara penyerahan bantuan dilaksanakan pada, Jumat (28/10/2022) di lokasi wisata Pantai Pasir Putih (Pasput) Pasifik desa Patane IV Kecamatan Porsea Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Bantuan diserahkan oleh Zainuddin Iqbal Sidabutar Vice President CSR PKBL PLTA INALUM kepada perwakilan siswa/i dari beberapa Kabupaten se-kawasan Danau Toba. Acara penyerahan bantuan beasiswa dilaksanakan dalam rangkaian Upacara Peringatan ke-94 tahun Sumpah Pemuda 2022 yang digelar oleh KMDT. 

“Pemberian beasiswa sebagai komitmen Perusahaan dalam bidang sosial yakni pendidikan dalam upaya meningkatkan sumber daya unggul serta upaya mencerdaskan generasi muda bangsa khususnya bagi generasi muda  di kawasan Danau Toba. Program ini di luar dari beberapa program lainnya dari Perusahaan kepada Masyarakat dan Lingkungan Kabupaten se-kawasan Danau Toba”, sebut Zainuddin Iqbal Sidabutar.


Beasiswa diberikan kepada 546 orang pelajar SMA/SMK dan 126 orang mahasiswa warga masyarakat se-Kawasan Danau Toba, dengan rincian untuk siswa/I SMA/SMK Rp 500.000,- dan untuk mahasiswa Rp 1.000.000,-. Beasiswa diberikan secara simbolis kepada beberapa siswa/i perwakilan dari beberapa Kabupaten se-kawasan Danau Toba, untuk yang lainnya sesuai data penerima beasiswa yang sudah didata oleh Perusahaan akan ditransfer langsung melalui nomor rekening penerima beasiswa yang berjumlah 672 orang.

Ketua Umum KMDT Edison Manurung dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT INALUM (Persero) atas dukungan kepeduliannya bekerja sama dengan KMDT untuk memberikan beasiswa kepada warga masyarakat pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa/i se-kawasan Danau Toba. 

“Kegiatan ini sebagai wujud langkah mendukung visi misi KMDT melakukan upaya "Percepatan wisata Danau Toba mendunia dan SDM Unggul" dan sebagai salah satu penghubung kemitraan masyarakat Danau Toba dalam upaya pengembangan dan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba sebagai salah satu program pembangunan pariwisata super prioritas Nasional,” ujar Edison. 

Hadir Bupati Toba diwakili oleh Sekda Drs. Augus Sitorus,  mewakili Bupati Tapanuli Utara mewakili Bupati Taput Jonner Simanjuntak Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kapolres Toba  AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Kepala BNNK Siantar Dr.Tuankus Harianja MM, Kepala BNNK Simalungun  AKBP Suhana Sinaga,  Asisten 1 Eston Sihotang, Pimpinan OPD,   Kepala Cabang Dinas Pendidikan SMA/SMK Balige Propinsi Sumatera Utara Darwin Purba, Camat Porsea Edward Sidabutar, Kepala UPT KPH Wilayah - IV Balige Leo Sitorus dan Ketua Umum KMDT Edison Manurung dan Ketua KMDT DPW Propinsi Sumatera Utara Prof Dr.Binary Manurung, Kepala Desa Patane IV Ramot Sirait,kelompok organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya

Sebagaimana diketahui Upacara Peringatan HUT Sumpah Pemuda yang digelar KMDT di Pantai Pasput  Desa Patane IV Kecamatan Porsea dihadiri oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Kasat Pol PP Pemkab Toba Harianto Butarbutar SE.(ips)