Pemko Tebing Tinggi Lakukan Penandatanganan Kerjasama Dengan Universitas Terbuka Medan

10 Oktober 2022


Tebingtinggi | Indonesia Berkibar News
-Menindaklanjuti Mou dengan Universitas terbuka yang telah dilakukan sebelumnya, Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tebing Tinggi melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan Universitas Terbuka (UT) Medan, di Ruang Kerja Wali Kota Lantai 4 Balai Kota, Jalan Sutomo, Senin (10/10/2022).

Penandatanganan Kerjasama dilakukan oleh Kepala BKPSDM Kota Tebing Tinggi, Syaiful Fahri dan Kepala DPMPTSP Kota Tebing Tinggi, Surya Darma bersama Direktur UT Medan, Dra. Yusrafiddin, dan disaksikan Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi mengatakan, penandatanganan kerjasama antara BKPSDM Kota Tebing Tinggi dan DPMPTSP Kota Tebing Tinggi dengan Universitas Terbuka(UT) dilakukan terkait peningkatan mutu Sumber Daya Aparatur pemerintah dan masyarakat di Kota Tebing Tinggi, dan komitmen bersama untuk pemberian pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tebing Tinggi.

"Hal ini merupakan tindaklanjut dari penandatanganan MoU, ataupun Nota Kesepakatan Bersama antar Wali Kota Tebing Tinggi dengan Rektor Universitas Terbuka, yang dilaksanakan tanggal 23 Agustus 2022 yang lalu di Jakarta," papar  Muhammad Dimiyathi.

Dengan adanya kerjasama Universitas Terbuka dengan Pemko Tebing Tinggi ini, maka akses pendidikan tinggi kepada masyarakat dan juga kepada aparatur di Kota Tebing Tinggi semakin terbuka, harap Muhammad Dimiyathi.

"Universitas Terbuka atau UT adalah Perguruan Tinggi Negeri, yang merupakan lembaga pendidikan yang bersifat umum, baik itu untuk masyarakat, maupun untuk aparatur. Semoga dengan kerjasama ini, indeks pembangunan manusia Kota Tebing Tinggi dapat lebih meningkat lagi," tegas Muhammad Dimiyathi.

Sementara itu, Direktur Universitas Terbuka Medan, Dra. Yusrafiddin mengatakan, program kerjasama dalam peningkatan kompetensi SDM akan dimulai pada bulan Desember. Jadi, ASN atau Tenaga Honorer yang belum S1, S2 atau S3, mereka bisa mendaftar di Universitas Terbuka.

Nantinya, di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Tebing Tinggi akan dibuka gerai pelayanan informasi terkait kuliah di Perguruan Tinggi UT.

"UT hadir disana (MPP Kota Tebing Tinggi) untuk memberikan informasi-informasi terkait dengan sistim belajar di UT," ujar Yusrafiddin.

Banyaknya masyarakat yang awalnya belum mengenal UT, dengan adanya layanan kita di MPP, mereka sudah mulai mendaftar di MPP. Khusus untuk ASN dan Tenaga Honorer ini, akan kita rekrut di bulan Desember.

Dra. Yusrafiddin juga menjelaskan bahwa program kerjasama antara UT dan Pemko Tebing Tinggi merupakan program unggulan Pemko Tebing Tinggi dalam pembangunan indeks manusia.

"Tadi Bapak Wali Kota sudah menyampaikan bahwa, program UT ini menjadi program unggulan Pemko, tentu ini akan kami tindaklanjuti secara serius. Harapan kita, satu daerah itu akan maju tentu dengan kompetisi SDM nya yang memadai," papar Yusrafiddin.

Penandatanganan kerjasama Universitas Terbuka Medan dengan dua lembaga Pemerintah Kota Tebing Tinggi ini juga dihadiri Plt. Sekda Kota Tebing Tinggi Bambang Sudaryono dan Kabag Pemerintahan Pemko Tebing Tinggi Ramadhan Barqah Pulungan.(torong)