Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut, Melakukan Penilaian Di Kecamatan Sidikalang

27 Oktober 2022

 


Dairi | Indonesia Berkibar News - Tim Pembinaan dan Penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara hadir di Kabupaten Dairi, untuk melakukan penilaian di Kecamatan Sidikalang, Kamis (27/10/2022).

Tim pembinaan tersebut dipimpin oleh Kepala Bagian Pemerintahan Pemprov Sumut, Ervan Gani Siahaan untuk menilai Kecamatan Sidikalang sebagai juara I (Kecamatan Terbaik Pertama) pada penilaian Kecamatan di Kabupaten Dairi sehingga berhak mewakili Pemerintah Kabupaten Dairi dalam Pembinaan dan Penilaian Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jhonny Hutasoit mengatakan, Kabupaten Dairi salah satu kabupaten yang sangat strategis dengan potensi sumber daya alam dan pariwisata yang luar biasa yang diharapkan akan dapat meningkat hingga ke tingkat internasional.

Kecamatan Sidikalang adalah Kecamatan yang ditetapkan sebagai yang terbaik di Dairi, dalam penilaian kecamatan terbaik, digali melalui penetapan strategis yang layak untuk dinilai, dan Sidikalang memenuhi kriteria serta sesuai dengan objektifitas.

" Kami berharap bahwa yang dinilai oleh tim kabupaten dapat dipertanggungjawabkan sehingga dapat dipertandingkan di tingkat provinsi. Pimpinan kita, Bapak Bupati Dairi menekankan seluruh camat harus mampu bekerja, memahami tugas dan fungsi tidak hanya teori," ucap Jhonny.

Eddy menekankan kepada para camat, untuk rutin melakukan koordinasi dalam menggali dan mengatasi permasalahan di tingkat masyarakat.

Dalam penilaian ini, Bupati mengharap Kecamatan Sidikalang mendapatkan yang terbaik, kita serahkan kepada tim penilai untuk dapat menilai, apapun hasilnya.

" Saya berharap Kecamatan Sidikalang siap menerima, karena di samping penilaian, tim penilai juga akan melakukan pembinaan," ungkap Bupati.

Dalam paparannya, Camat Sidikalang Swanto Sitakar menyampaikan, berbagai hal seperti di bidang kesehatan, Kecamatan Sidikalang selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti halnya terkait stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Untuk tahun 2022, Swanto mengatakan akan menuntaskan stop BABS 100 persen di bulan november 2022 dimana sesuai data per oktober, 6 rumah tangga belum memiliki jamban.

Di bidang pemerintahan, pemerintah kecamatan selalu mengadakan kunjungan ke desa secara rutin dan melakukan rapat koordinasi di tingkat Kabupaten.

" Sesuai instruksi dari Bapak Bupati, saya sebagai camat bekerja dan berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," jelas Swanto.

Selanjutnya, Ia utarakan capaian dari pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2021 Kecamatan Sidikalang sebesar 47%, untuk tahun 2022 telah berkomitmen bersama seluruh stake holder dalam hal pencapaian PBB di Kecamatan Sidikalang.

Untuk inovasi yang sudah dilakukan, Swanto mengatakan telah melalukan beberapa inovasi diantaranya Desa Kalang Simbara dibentuk kampung tangguh pangan, kampung tangguh narkoba, dan kampung pancasila.

Sementara itu, Erfan Gani Siahaan pada momen tersebut mengatakan penilaian terhadap kecamatan terbaik telah dilakukan oleh tim penilaian dari Provinsi Sumatera Utara sejak awal Oktober.

Dalam penilaian dan pembinaan ini hanya 2 indikator yang perlu diperhatikan yakni indikator kepemimpinan serta indikator inovasi kreasi dan prestasi. Salah satu unggulan adalah inovasi. Keunggulan tidak hanya hasil bumi, namun kreasi juga.

" Penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing masing kecamatan," ucap Erfan Gani.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sidikalang Ny. Ridha Kartika Swanto Sitakar juga turut memberikan ekspose tentang PKK Kecamatan Sidikalang di hadapan para tim penilai.

Dimana dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Bappeda Dairi Charles Bancin, Kepala Dinas PUPR Dairi Hotmaida Butarbutar serta Unsur Forkopimca Kecamatan Sidikalang. (Mrs)