Pesta Budaya Njuah-njuah 2022 Kabupaten Dairi Resmi Dibuka

13 Oktober 2022


Dairi | Indonesia Berkibar News - Halaman Gedung Nasional Djauli Manik tempat berlangsungnya Acara Pesta Budaya Njuah Njuah 2022 dipadati oleh ribuan masyarakat Dairi. 

Pesta Budaya Njuah Njuah yang berlangsung selama 2 hari yang dimulai 13 - 14 Oktober 2022 ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 1995. Acara ini sempat terhambat oleh Pandemi Covid- 19 hingga selama 2 tahun sejak 2020 hingga 2021 tidak bisa dilaksanakan.

Mewakili Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Dairi Raja Ardin Ujung mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Dairi atas terlaksananya Pesta Njuah Njuah 2022 setelah sempat tertunda selama 2 tahun akibat Pandemi Covid- 19.

" Disini kami melihat Pesta Njuah Njuah ini adalah satu moment kesatuan dan persatuan diantara masyarakat dan juga berbagai lembaga etnis yang ada di Dairi.” kata Ardin Ujung.

Ardin juga menyinggung tidak disahkannya P-APBD dan sangat menyayangkan dana anggaran sekitar 180 M yang tidak bisa digunakan untuk pembangunan Kabupaten Dairi akibat tidak disahkannya P-APBD 2021 oleh DPRD Dairi. Sambil berharap agar Legislatif dan Eksekutif di Kabupaten Dairi bisa lebih bekerja sama dengan baik agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Setelah Mepakenkrav Sandiaga Uno selesai mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan Pesta Njuah Njuah 2022 melalui zoom, Rahmadsyah Munte Kadisbudpar Kabupaten Dairi selaku Ketua Panitia pelaksanaan Pesta Budaya Njuah Njuah dalam laporannya terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf. 

Dimana karena antusias masyarakat yang sangat tinggi yang mana kehadiran masyarakat membludak jauh dari target awal merasa khawatir apabila Panitia dirasa melakukan kesalahan ataupun dirasa kurang siap.

" Disini hadir dari perwakilan Kementerian Pariwisata, disini hadir mewakili Gubernur Bapak Zumri Sutoni, kami mohon ijin agar didukung Pak. Inilah event budaya suku Pakpak Kabupaten Dairi. Semoga nanti kami akan bisa usulkan bisa masuk menjadi Kharisma Event Nusantara," ujar Rahmadsyah.

Mewakili Forkopimda dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Dairi Sabam Sibarani berjanji akan mendukung segala pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

" Kepada Tokoh Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, ditengah rintikan hujan yang tadi sudah disampaikan Tokoh Masyarakat Raja Ardin Ujung, kami pun sepakat DPRD Dairi pasti akan terus mendorong pembangunan di Kabupaten Dairi, pasti akan terus mendukung Pemerintah Kabupaten Dairi. Saksinya adalah hujan rintik rintik yang turun saat ini," kata Sabam Sibarani.

Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi melalui Kadis Pariwisata Sumut Zumri Sutoni dalam sambutannya mengingatkan bahwa Pesta Budaya itu merupakan sarana melestarikan warisan leluhur yang merupakan budaya tradisi. Sambil mendorong agar budaya kreatif lebih dikembangkan lagi demi mengenalkan budaya tradisi tersebut melalui budaya kreatif.

" Ketika kita bicara mengenai budaya, ada yang disebut dengan budaya tradisi. Ini yang harus kita jaga. Tadi kita banyak melaksanakan budaya tradisi. Namun ketika bersinggungan dengan Pariwisata, maka dia akan muncul yang disebut dengan budaya kreatif. Nah inilah yang akan kita kembangkan," kata Zumri Sutoni.

Sementara itu Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu lebih banyak menyampaikan hasil hasil atau raihan yang sudah didapat atau dilaksanakan selama pemerintahannya berlangsung. Seperti naiknya pertumbuhan ekonomi yang naik 3% begitu juga pendapatan perkapita penduduk masyarakat Dairi juga naik bila dibandingkan dengan tahun 2020. Juga hasil hasil pembangunan lainnya seperti jalan jalan yang sudah dan akan diperbaiki dan rencana rencana pembangunan yang akan dilaksanakan. 

Seperti Eddy menyesalkan tidak disahkannya P-APBD Kabupaten Dairi TA.2022 oleh DPRD Dairi.

Kemudian Joko Suharbowo mewakili Menpakerkraf dan Zumri Sutoni mewakili Gubernur Sumatera Utara diundang untuk naik keatas panggung didampingi Bupati Dairi, Sekda Budianta Pinem, Sabam Sibarani Ketua DPRD Dairi, Letkol Arh Ridwan Budi Sulistiawan Dandim 0206 Dairi, Kompol Deny Boy P. Wakapolres Dairi mewakili Kapolres Dairi. Monita Sitorus Kepala Pengadilan Negeri Sidikalang untuk bersama sama memukul gendang sebagai tanda dibukanya Pesta Budaya Njuah Njuah Dairi 2022. (Mula)