Wabup Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar : Tanggap Bencana Tanggungjawab Semua Pihak

12 Oktober 2022


Lubuk Pakam | Indonesia Berkibar News-
Kabupaten Deli Serdang merupakan daerah yang memiliki letak geografis dataran rendah dan tinggi. Dengan kondisi geografis seperti itu, maka Deli Serdang termasuk daerah yang rawan bencana alam.

"Bencana yang sering terjadi adalah banjir dan menggenangi permukiman warga. Puting beliung bisa merusak rumah warga dan longsor dapat merusak infrastruktur jalan/jembatan. Apalagi belakangan ini, intensitas curah hujan cukup tinggi, mengakibatkan beberapa titik wilayah kita, tergenang oleh air. Dan ini tidak menutup kemungkinan juga dapat menyebabkan bencana alam," kata Wakil Bupati (Wabup) HM Ali Yusuf Siregar dalam arahannya pada pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Lubuk Pakam, Rabu (12/10/2022).

Tentu, masyarakat tidak menginginkan bencana itu terjadi. Namun, faktanya bencana alam tidak dapat ditolak dan diprediksi, sehingga masyarakat harus tetap berjaga, siap siaga dan selalu waspada.

Pelaksanaan apel tersebut, kata Wabup, selain untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, kesiapsiagaan dan sinkronisasi dalam menghadapi serta menanggulangi setiap bencana, sekaligus juga untuk menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilisasi sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana yang dimiliki dalam menghadapi ancaman bencana yang sewaktu - waktu bisa terjadi. 

"Saya yakin semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing. Tinggal bagaimana kita memperkuat kerjasama dan komunikasi secara aktif, agar implementasi di lapangan dapat berjalan dengan optimal," tegas Wabup.

Wabup juga mengingatkan stakeholder terkait untuk selalu tanggap bencana. Tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah, TNI/Polri, Tim SAR maupun instansi terkait, akan tapi juga tanggungjawab semua elemen masyarakat.

"Mari terus kita rapatkan barisan, seraya berdoa, semoga wilayah kita terhindar dari segala  bencana," ajak Wabup.

Hadir pula pada apel tersebut, Kapolreta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH; Wakapolresta Deli Serdang; AKBP Agus Sugiyarso SIK; unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang; Kepala Dinas Kesehatan, dr Ade Budi Krista; Kasatpol PP, Marjuki SSos MAP; Kepala Dinas Perhubungan, Suryadi Aritonang SSos MSi, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dan camat.(Nurdin)