Anak Wartawan Medan, Julian Sihotang Raih Emas Pra Popnas di Jakarta

30 November 2022

 


Jakarta | Indonesia Berkibar News - Petinju muda asal Sumatera Utara, Julian Sihotang berhasil menang angka mutlak atas petinju dari Riau Agung Prayoga dalam final cabang olahraga tinju kelas 71 kg Kejuaraan Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Zona 1 di Jakarta. Duel kedua petinju ini sangat seru karena kerap terjadi jual beli pukulan.

Di ronde pertama, kedua petinju langsung tancap gas saling serang. Terlihat Agung Prayoga melancarkan pukulan-pukulan long hook, namun berhasil diantisipasi Julian dengan pertahanan double cover yang rapat. 

Tidak mau kalah, Julian juga melancarkan serangan balik dengan pukulan kombinasi jab dan stright ke wajah dan perut Agung. Bahkan beberapa kali pukulan stright beruntun Julian mengenai bagian perut lawannya.

Memasuki rode kedua, saling serang masih terjadi, Agung tetap dengan long hook dan dibalas Julian dengan jab stright dan sesekali uppercut.

Namun pada ronde ketiga, Julian semakin meningkatkan serangan dengan kombinasi pukulan. Hal ini membuat Agung Prayoga mendapat hitungan dari wasit setelah stright beruntun dari Julian mendarat di wajah dan perutnya. Hingga akhirnya Julian Sihotang dinyatakan menang angka dan meraih medali emas Pra Popnas Zona 1 2022.

Seusai pertandingan, siswa kelas 2 SMA Primbana Kota Medan ini kepada wartawan mengatakan sangat senang berhasil menjadi juara. "Saya senang sekali bisa persembahkan emas untuk Sumatera Utara, bang. Juara di Pra Popnas ini target saya agar bisa lolos ke Popnas 2023 nanti," ungkap Julian didampingi para pelatih Pertina Sumut, Niazmi Almy, SH, Nurmala Deli, SH, dan Iqbal Siregar, S.Or.

Putra bungsu salah seorang wartawan Kota Medan ini sangat berterima kasih kepada jajaran Pertina Sumut terutama Ketua Pertina Sumut bapak Sabam Manalu dan jajaran pelatih serta Sasana Tinju TNT asuhan Albiner Sidabuke yang telah membimbingnya selama ini. Juga kepada pihak Sekolah Primbana Medan yang telah sangat mendukungnya sebagai seorang atlet.

"Pastinya juga kepada orang tua yang selalu mendampingiku bertanding, dan paling utama rasa syukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan. Ini berkat Natal untukku, bang," ucap Julian yang merupakan adik kandung petinju Sumut Jeremy Sihotang peraih medali emas kelas 86 kg Kejuaraan Nasional Tinju Amatir 2022.

Secara keseluruhan hasil cabor Tinju Pra Popnas Zona 1 2022 ini, Provinsi Sumatera Utara berhasil menjadi juara umum dengan meraih 5 emas dan 4 perunggu.

Ke lima medali emas untuk Sumut diraih oleh Nona Baby Chantika kelas 57 kg putri, Zahra Khairunnisa kelas 63,5 putri, Rizki Sandi Wardana kelas 54 kg putra, Julian Sihotang kelas 71 kg putra dan Christian Simanjuntak kelas 75 kg putra. Sedang medali perunggu diraih Steven Laoli, Daniel Limbong, Vika Pardede dan Aprilia Sinambela.

Untuk petinju terbaik diraih Rizki Sandi Wardana dari Sumut dan mendapat hadiah sepeda motor dari Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak. (JD)