Bupati Tapsel Dukung Kebijakan Kementan Dalam Peningkatan SDM Petani

2 November 2022

 


Tapsel | Indonesia Berkibar News -Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu mendukung penuh kebijakan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) petani (PPL) di kabupaten itu.

Hal itu diwujudkannya kembali pelatihan peningkatan kapasitas penyuluh pertanian Tapsel tahap dua (II) mulai 31 Oktober hingga 7 November 2022 di Kecamatan Batang Toru, wilayah setempat.

"Peningkatan SDM pertanian merupakan komitmen kuat kita (Pemkab Tapsel)," Bupati Tapsel melalui Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua di Sipirok, Rabu (02/11/2022).

Dalam peningkatan SDM petani khusus penyuluh pertanian lapangan (PPL) tersebut  meliputi peningkatan kapasitas kelembagaan, penyuluh, kelompok tani,  dan petani.

"Di tahap pertama (l) untuk peningkatan kapasitas kelembagaan sudah kita lakukan di awal Oktober 2022, dan sekarang untuk pelatihan sebanyak 30 petugas PPL asal 11 kecamatan dari 15 kecamatan se Tapsel," katanya.

Harapan selanjutnya tahap tiga (Ill) dan empat (lV) pelatihan akan menyentuh poktan dan petani. Kegiatan ini komitmen bersama PT.Agincourt Resources,  Bapeltan Jambi dan Pemkab Tapsel.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, Bupati Tapsel merencanakan pembangunan pusat agribisnis terpadu dan BPP model di kabupaten itu, kata Bismark di dampingi Kaseksi Data dan Informasi Dinas Pertanian Tapsel Yeni Lubis.

Kepala Bapeltan Jambi DR Ir Zahron Helmy MP mengatakan seluruh 30 orang PPL yang mendapat pelatihan akan menjadi fasilitator dan agen peruhahan di BPP (Balai Penyuluh Pertanian) masing-masing.(marwan/torong)