Jadi Juri Expo Aksi Perubahan, Kepala BSKDN Ajak Para Pejabat Administrator Terus Berinovasi untuk Daerah

9 November 2022


Jakarta | Indonesia Berkibar News
- Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menjadi juri dalam acara Expo Aksi Perubahan Kinerja Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di lingkungan Pemerintah Daerah Tahun 2022, Rabu (09/11/2022). Yusharto mengajak seluruh peserta agar mampu terus berinovasi. 

Dalam sambutannya, Yusharto menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi juri dalam kegiatan tersebut. Melalui peran itu, dirinya dapat bersama-sama mengamati perkembangan inovasi yang dilakukan peserta PKA yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri. 

"Selaku Kepala BSKDN yang ditugasi untuk mewadahi dan mengoordinasikan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat di daerah menyambut baik upaya yang sudah dilakukan oleh BPSDM ini," terang Yusharto. 

Lebih lanjut Yusharto mendorong seluruh peserta agar menjadi inovator. Tak hanya itu, Yusharto juga meminta peserta agar dapat mempengaruhi masyarakat untuk mau menjadi inovator terhadap berbagai kebutuhan di lingkungan sekitar. Upaya itu dilakukan melalui berbagai inovasi yang dihasilkan oleh para peserta. 

"Berarti peran Bapak/Ibu peserta itu sebagai agen ganda, untuk diri sendiri dan untuk mencoba mempengaruhi masyarakat menggunakan inovasi yang Bapak/Ibu lakukan. Di lain pihak juga mencoba inisiasi berbagai inovasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat dan selanjutnya dibina oleh pemerintah daerah," tambahnya. 

Selain itu, Yusharto juga berharap setiap daerah bisa menciptakan masyarakat yang mudah menerima perubahan sekaligus menjadi pencetus perubahan. Hal ini mengingat BSKDN telah berhasil mencatat 26.000 inovasi dari 36 urusan pemerintahan konkuren, baik dari pemerintah pusat sampai dengan Pemerintah Daerah. 

"Mudah-mudahan ke depannya akan ada penambahan catatan lagi, karena masih ada 47 inovasi yang bisa ditemukan lewat akses Pendidikan Kepemimpinan Administrator oleh BPSDM,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala BPSDM Sugeng Hariyono mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta PKA yang hadir. Dirinya berharap, inovasi yang dihasilkan para peserta dapat diproses secara berkelanjutan, sehingga memiliki daya guna bagi masyarakat. 

"Banyak sekali kebijakan di Kemendagri yang menjadi kebijakan nasional berawal dari inisiasi para pejabat yang waktu itu mengikut pelatihan," pungkasnya.(Puspen Kemendagri/amir torong)