Pemkab Batu Bara Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

17 November 2022

 



Batu Bara | Indonesia Berkibar News -
Pemkab Batu Bara menetapkam status tanggap darurat bencana terkait serbuan banjir yang merendam lebih dari 1.000 rumah warga serta fasilitas umum.

Bupati Batu Bara Zahir didampingi Kapolres AKBP Jose DC Fernandes mengungkapkan status tanggap darurat bencana saat meninjau banjir terparah di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kamis (17/11/2022).

Pada kunjungan tersebut, Bupati dan Kapolres Batu Bara menaiki sampan untuk melihat langsung kondisi banjir yang dipicu pecahnya tanggul Sungai Bah Bolon beberapa hari sebelumnya.

Di lokasi ini sedikitnya 250 rumah warga yang terendam banjir luapan Sungai Gambus yang merupakan anak Sungai Bah Bolon dengan ketinggian banjir mencapai 2 meter. Bahkan di Dusun VIII yang berada di bawah tanggul yang pecah, rumah warga dan pondok zikir terendam sepenuhnya.

Bupati Zahir bersama Kapolres dan sejumlah pejabat Pemkab Batu Bara turun langsung ke lokasi banjir untuk memastikan kondisi warga sembari menyalurkan bantuan bahan makanan.

Terkait pecahnya tanggul Sungai Bah Bolon, Zahir mengatakan Pemkab Batu Bara sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk penanganan banjir.

“Tadi saya sudah ngomong dengan Pak Gubernur karena ini merupakan sungai pusat dan Pak Gubernur tadi mengatakan akan mengkonsolidasikannya dengan pemerintah pusat dan PSDA Sumatera Utara,” sebut Zahir.

Berdasarkan data BPBD Batu Bara, banjir yang terjadi dalam beberapa hari terakhir telah berdampak pada 1.200 kepala keluarga yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Sei Balai, Lima Puluh, Lima Puluh Pesisir dan Kecamatan Sei Suka. (torong)