Sejumlah Pimpinan Gereja di Padang Lawas Tertarik Ikut Jamsostek

23 November 2022


Padang Sidimpuan | Indonesia Berkibar News
- Sejumlah pimpinan Gereja-gereja di Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengaku tertarik ikut Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, setelah mendengar pemaparan  yang dibawakan BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidempuan di Sosa, Rabu (16/11/2022), pekan lalu.

Siaran Pers Jamsostek Sidimpuan diberikan  kepada Wartawan, Rabu (23/11/2022) mengungkapkan,  kegiatan di gelar di HKBP Ressort Sion Nauli, Sosa, Padang Lawas.

Disela-sela rapat Panitia Natal Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) Palas, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidimpuan DR. Sanco Simanulang, ST.,MT., IPM ASEAN Eng,  memberi penjelasan manfaat ikut Jamsostek.

Penjelasan itu berbuah baik, yang mana para Pendeta berminat jadi peserta Jamsostek.

Pdt. Sumuhar Hutabarat yang melayani sebagai Pendeta GPDI Sihuan dan juga sebagai  Pemimpin rapat mengungkapkan,  banyak manfaat  Program Jamsostek.

"Saya kira, dengan iuran Rp 16.800,  cukup terjangkau. 

Ini sangat cocok untuk disebar luaskan ke seluruh jemaat," kata Sumuhar Hutabarat, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Natal.

Pdt. Madjen Nababan, Pendeta Resort Sion Nauli Sosa bahkan mengundang Jamsostek untuk dapat hadir pada kegiatan selepas Kebaktian Minggu.

"Ratusan KK siap menerima kehadiran sosialisasi di Gereja kami, kita tunggu," ungkap Madjen, yang juga menjabat Ketua BKAG Padang Lawas.

Lain halnya Pdt. Jhonsar Padang, Pimpinan HKBP Sibuhuan. Ia membeberkan manfaat jadi peserta Jamsostek telah terbukti. 

Keluarga kami belum sempat setahun jadi peserta, namun telah cair Rp 42 juta. Terimakasih Jamsostek," beber Jonsar  dalam sesi dialog.

Jonsar yang bertugas sebagai Sie Acara Natal BKAG mengungkapkan, tidak rumit proses klaim Jamsostek.

"Sangat simple, meski terdaftar di Pematang Siantar, namun kami sebagai ahli waris, bisa mencairkan di Sibuhuan, dan tidak berbelit," pungkas Jonsar.

Pantauan di Gereja tersebut, para Pendeta sangat  antusias mendengar penjelasan manfaat program Jamsostek. 

Lantas, ada juga beberapa Pendeta yang ingin ikut program lengkap, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Dalam amatan selepas kegiatan, sejumlah Pendeta melakukan aksi daftar langsung di tempat. 

Pada kegiatan tersebut hadir sejumlah Pimpinan Gereja-gereja Padang Lawas, diantaranya 

St. R. Purba (Pimpinan Jemaat GKPS Sosa- Bendahara Natal BKAG),

St. L. Marbun (HKBP Padang Urung Bao- Bendahara Umum BKAG), 

St. P. Lubis (HKBP Hutaraja Lama- Humas Natal),  St. Y. Manalu (HKBP Padang Urung Bao - Seksi Perlengkapan),  St. T. br. Hutasoit (HKBP Sibuhuan - Sie Konsumsi), 

St. M. Pasaribu (HKBP Sibuhuan - Pengurus Bidang Pendidikan BKAG), 

St. L. br. Marbun (HKBP Sibuhuan- Sie Dana Natal) dan 

St. J. Sitinjak (HKBP Sibuhuan).


Sementara dari Jamsostek, hadir Kepala Cabang Palas Wahyudi, Kepala Bidang Kepesertaan Budi Syarif Situmorang, Petugas Wasrik M Faisal Rizky dan Petugas Pemasaran Kukuh Adisetyo. (TS)