Untuk Wujudkan Program Agri Unggul, Jaringan Irigasi di Desa Berampu Dalam Perbaikan

8 November 2022

 


Dairi | Indonesia Berkibar News - Jaringan irigasi yang mengaliri persawahan di Desa Berampu, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi, diperbaiki. Irigasi yang sempat rusak selama 6 tahun itu, kini sedang dalam tahap pembangunan rehabilitasi . 

Informasi yang didapat di lapangan, jaringan irigasi yang mengaliri sawah seluas 70 hektare itu, mengalami kerusakan karena amblas pada tahun 2016 lalu. Hal itu membuat sekitar 30 kepala keluarga (KK) di Desa terdampak dari amblasnya irigasi tersebut.

Padahal Kecamatan Berampu merupakan salah satu daerah penghasil gabah di Kabupaten Dairi. Namun, amblasnya irigasi pada tahun 2016 lalu, membuat penghasilan tani mereka yang berasal dari sawah menjadi  berkurang dan 70 hektar sawah tersebut beralih fungsi ke tanaman  jagung. 

Camat Berampu, Ramadhyani Berampu, mengatakan, rusaknya jaringan irigasi itu membuat masyarakat Desa Berampu menjadi resah, karena mereka harus beralih fungsi mata pencaharian, Selasa (08/11/2022).

Dengan adanya rehabilitasi pembangunan irigasi yang sedang dikerjakan, menjadi angin segar bagi masyarakat Desa Berampu.

"Kita sangat bersyukur, setelah menanti selama 6 tahun akhirnya irigasi ini kembali diperbaiki, artinya masyarakat kita yang sempat beralih fungsi bisa kembali bersawah untuk menanam padi," ujar Ramadhyani.

" Kalau kita perhatikan masyarakat sudah tidak sabar, mereka ingin irigasi ini cepat dibuka dan berfungsi Kembali," sambungnya.

Camat juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah kepemimpinan Eddy-Jimmy memiliki misi “AGRI Unggul”. 

Dimana dalam program Agri Unggul ini Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup petani dan berupaya memberikan nilai tambah produksi pertanian, sehingga adanya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Ia menjelaskan bahwa Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu selalu berupaya bagaimana caranya supaya petani kita semakin sejahtera. 

" Jadi menurut saya, pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi ini merupakan salah satu cara untuk menghidupkan kembali para petani kita," ungkap Camat.

Sementara itu Kadis PUTR Kabupaten Dairi, Hotmaida Uli Butar-butar saat dikonfirmasi, Rabu (09/11/22) membenarkan adanya pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di Desa Berampu.

" Untuk dana pembangunannya  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik APBD Kabupaten Dairi TA 2022. Pelaksanaan pengerjaanya, Juli-November 2022," terangnya. (Mrs)