Pemkab Dairi Menghadiri Festival Tari Pakpak Dan Cipta Lagu Pakpak Yang Di Gelar PB-LKP

2 Desember 2022


Sidikalang |  Indonesia Berkibar News -
Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB-LKP) Kabupaten Dairi menggelar kegiatan festival tari Pakpak dan Cipta lagu Pakpak dimulai 2 - 3 Desember 2022 di Gedung Jauli Manik ( Gedung Nasional ) Sidikalang.

Dalam acara tersebut turut hadir tokoh masyarakat Pakpak Umar Ujung, Saut Ujung R.Ardin Ujung , Abdul Angkat , Organisasi Kepemudaan , Kepala Badan Kesbangpol Dairi Mahadi Kudadiri mewakili Forkopimda , Ketua PMS dan undangan lainnya . Sementara untuk juri dari perlombaan tersebut adalah Happy Berutu dan Delpi Masdiana Ujung.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kesbangpol Dairi Mahadi Kudadiri, yang mewakili Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Jum'at ( 02/12/2022).

Dalam sambutannya, Mahadi Kudadiri mengatakan bahwa atas nama Bupati Dairi dan Pemerintah Kabupaten Dairi , siap membantu program - program dari LKP.

" Sehingga kebudayaan Pakpak khususnya dibidang Senin tari, vokal suara dan Cipta lagu Pakpak dapat dilestarikan," ujar Mahadi.

Sebelumnya secara terpisah Ketua Panitia kegiatan tersebut , Riduan Maibang menjelaskan bahwa pada festival tersebut diikuti kelompok penari sebanyak 21 kelompok, cipta lagu Pakpak sebanyak 15 dan untuk vokal sebanyak 21.

" Harapan kita semoga kegiatan festival ini tetap  bisa terlaksana untuk setiap tahunnya," ujar Riduan.

Sementara itu Pelaksana Ketua PB.LKP Kabupaten Dairi Aslim Padang mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan  Festival Tari Pakpak dan Cipta Lagu Pakpak  adalah untuk memperdayakan para pegiat dan pelaku seni agar menambah gairah dalam pengembangan Seni dan budaya.

" Kegiatan ini kita laksanakan agar budaya Pakpak jangan sampai tenggelam, agar bisa bangkit dan bisa sebagai motivasi kedepannya agar budaya Pakpak semakin maju," ujar Aslim.

Lebih lanjut Aslim Padang mengatakan bahwa PB.LKP sudah merencakan kegiatan Festival Tari Pakpak dan Cipta lagu Pakpak akan dilaksanakan setiap tahun.

" Kegiatan tersebut akan menjadi agenda setiap tahun," jelas Aslim.

Selanjutnya salah seorang penari dari kelompok Sanggar Tari D' Ethnic Sidikalang, Vani Manurung mengatakan bahwa kegiatan festival tersebut sangat bagus dilaksanakan setiap tahun. Apalagi untuk kalangan muda saat ini.

" Dengan adanya ajang perlombaan budaya seperti Festival Tari dan Cipta Lagu Pakpak tersebut bisa mengajak anak- anak  muda untuk lebih berkreasi dan kreatif untuk mengembangkan Budaya Pakpak," ujar Vani. (Mrs)