Perayaan Natal BP Jamsostek Kanwil Sumbagut Meriah, Pendeta Martin Manullang Sampaikan 5 Pesan

4 Desember 2022


Medan | Indonesia Berkibar News -
Perayaan Keluarga Besar Kristiani BPJS Ketenagakerjan (BP Jamsostek)  Kantor Wilayah Sumatera Utara pada hari Sabtu (03/12/2022) berlangsung meriah.

Bertempat di HKBP Sudirman Medan,  perayaan Natal pelindung pekerja Indonesia ini mengangkat Tema : "Tuhan menyertai orang-orang yang mencarinya dan hidupnya jadi berkat, Matius 2:12".

Sedangkan Sub Thema : "Dengan Perayaan Natal kita gemakan BPJS Ketenagakerjaan menjadi berkat bagi dunia".

Dalam amatan media, sejak pukul 16.00 Wib, karyawan dan keluarga, perlahan memadati gedung Gereja" demikian siaran pers disampaikam panitia dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (04/12/2022)

Pdt Martin Manullang MTh, MM yang tampil sebagai pembawa Firman dalam pesan Natal  mengungkapkan,  "perjalanan hidup selalu menghadapi berbagai tantangan, juga hal-hal yang sulit bahkan ada yang tidak sesuai dengan hati dan pikiran manusia.

"Sebagaimana juga yang dialami orang-orang Majus dalam perjalanannya disaat mencari dan ingin berjumpa dengan bayi Yesus," ungkap mantan Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Medan.

Tuhan, lanjut Martin,  memberkati dan menyertai mereka (orang Majus), serta menjadi berkat melalui persembahan yang disampaikan dengan ketulusan hatinya.

Disebutkan Martin, Negara melalui peraturan perundangan-undangan telah menetapkan BPJS Ketenagakerjan sebagai Badan yang bertugas melindungi pekerja Indonesia.

Dia lantas menyebut,  salah satu manfaat ikut Program Jamsostek, yaitu Jaminan Kematian.

Martin mengungkapkan, makna perkataan Paulus tentang hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan berdasarkan Filipi 1:12-26.

"Kendati hidup akan berakhir dan meninggal dunia, namun jika telah menjadi anggota Jamsostek, setidaknya tidak bakal menjadi beban keluarga, karena ada santunan kematian dari Negara lewat Jamsostek," jelas Martin.

Martin yang saat ini melayani  sebagai Pendeta Resort HKBP Poriaha Distrik 9 Sibolga Tapteng Nias menyampaikan  5 pesan Natal, yaitu :

Pertama, Tetaplah bersemangat untuk selalu mencari dan berjumpa dengan Yesus, walau apapun tantangannya.

Kedua, Jalanilah hidupmu sebagai orang percaya, yang selalu mengandalkan petunjuk dari Tuhan yakni Firman Nya.

Ketiga, Yesus harus yang terutama dalam kehidupan kita, sebab tanpa Dia, hidup kita sia-sia.

Keempat, belajarlah memberikan persembahan yang terbaik kepada Tuhan, juga bagi sesama terlebih bagi yang menderita dan tertindas. 

Hidupmu yang berkenan dengan Tuhan adalah persembahanmu yang terbaik.

Kelima,  Hidup dalam kebersamaan itu sangat penting. Dalam  kepelbagaian tetap berjalan bersama Yesus. Hal ini untuk mendapatkan jalan atau hal-hal yang baru yang sangat bermanfaat bagi hidup kita. Lalu, kita harus meninggalkan hal-hal yang buruk yang tidak berkenan dengan Tuhan.

Perayaan Natal Jamsostek Diwarnai  Busana Adat Nusantara

Perayaan Natal BP Jamsostek Sumatera Bagian Utara berlangsung meriah. Uniknya, Perayaan Natal BP Jamsostek kali ini cukup berbeda, ketimbang perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Pantauan wartawan, Para karyawan dan keluarga ramai-ramai  mengenakan baju adat Nusantara.

Kepala Kantor Cabang Tanjung Morawa Andi Widya Leksana tampak gagah mengenakan pakaian adat Batak.

Sementara  Kantor Cabang Sidimpuan, berbusana cukup beragam, sesuai 12 kabupaten kota wilayah kerja.

"Saya pilih baju adat Nias, serasa terbang loncat batu, ingin meloncat kinerja di tahun 2023," ujar  Kepala Kantor Dr. Sanco Simanullang.

Dijajaran Cabang Padang Sidempuan, ada  Kepala Cabang Madina Rolan Tobing memakai busana adat Tapsel. Sedangkan Kepala cabang Sibolga Boy Citra Lumban Tobing  dan Kepala Pelayanan Fready S Panggabean memakai baju Batak.

Keanekaragaman budaya, tampak jelas pada Perayaan Natal Jamsostek, kali ini.

 Cabang Binjai, misalnya tampak serasi menggunakan busana adat Bali, seperti terlihat dari busana Kepala Bidang Umum dan SDM Tunggul RM Sitorus dan Ketua Panitia Natal, Desmon Pasaribu.

Dari cabang Pematang Siantar sendiri terlihat sangat anggun, seperti  Kepala Bidang Keuangan Hotniuhur Damanik,  mengenakan busana Putri adat Simalungun, dan Erni Napitupulu mengenakan busana adat Batak Toba.

Dari Kanwil Sumbagut, terlihat  keanggunan Nova br Pandia menggunakan busana adat Karo. Bahkan undangan dari luar Sumbagut,   Asdep Keuangan Sumbar Riau Rakesh Sitepu, juga tampak  mengenakan busana motif Karo. (TS)